STUDI KASUS TENTANG ANALISA HARGA SATUAN YANG DIPAKAI OLEH PELAKU USAHA PEKERJAAN KONSTRUKSI

Yoel Tino Christofer, Nicolaus Halimawan Sentoso, Budiman - Proboyo

Abstract


Di dalam dunia konstruksi, Pemerintah Indonesia yang diwakilkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tahun 2016 telah menyusun “Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum” No. 28/PRT/M/2016 yang di dalamnya terdapat standar nilai koefisien pada setiap jenis pekerjaan agar dapat digunakan oleh para pelaku usaha pekerjaan konstruksi di Indonesia. Akan tetapi setiap pelaku usaha pekerjaan konstruksi memiliki cara tersendiri agar dapat memenangkan tender yang diadakan oleh pemilik proyek salah satunya dengan membuat sendiri nilai koefisien setiap jenis pekerjaan konstruksi berdasarkan pengalamannya. Perbedaan nilai koefisien setiap jenis pekerjaan konstruksi dapat mengakibatkan rencana anggaran biaya menjadi bervariasi.
Hasil dari studi kasus ini menunjukan bahwa selain koefisen dalan bahan untuk kelompok pekerjaan tanah yang memiliki kesamaan antara pelaku usaha konstruksi dengan AHSP 2016 Revisi hingga 80%, kelompok pekerjaan lainnya menunjukan hasil bahwa pelaku usaha konstruksi memiliki perhitungannya sendiri sehingga kurang menggunakan AHSP 2016 Revisi sebagai pedoman untuk menghitung koefisien yang sebagai dasar harga satuan pelaku usaha konstruksi tersebut.

Keywords


harga satuan pekerjaan, AHSP 2016, AHSP 2016 Revisi

Full Text:

PDF

References


Pranata, J. dan Widiyanto, W. A. (2020). Studi tentang Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerja Tahun 2013 dan 2016 serta Penerapannya dalam Dunia Konstruksi. Skripsi. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :