ANALISA EVALUASI DAN KEBIJAKAN PT.X DENGAN KONSEP NILAI HASIL

Martin Andreas Suyani, Carlos - Suryadharma, Herry Pintardi Chandra

Abstract


Evaluasi sangat berperan penting pada suatu proyek konstruksi karena dengan adanya evaluasi, kontraktor dapat menemukan faktor yang memperburuk kinerja proyek. Oleh karena itu, evaluasi dari proyek-proyek yang telah selesai dikerjakan bermanfaat dalam memperbaiki kinerja proyek, pada proyek yang sedang berjalan atau yang akan dikerjakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja proyek-proyek PT.X yang sudah selesai dalam kurun waktu 3 tahun terakhir yaitu 2017-2019 dan proyek yang sedang berjalan. Kemudian dari hasil analisa tersebut dicari penyebab keterlambatan dan pembengkakan biaya proyek PT.X yang sedang berjalan dan menentukan kebijakan yang sesuai untuk mengatasi masalah tersebut. Teknik analisa yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode Konsep Nilai Hasil, dimana mengunakan ACWP, BCWP dan BCWS sebagai indikator analisa, untuk mendapatkan CPI dan SPI sebagai tolak ukur performa biaya dan waktu dalam suatu proyek. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua proyek PT.X yang sedang berjalan memiliki nilai sebesar CPI 1,005 dan 1,021 serta nilai SPI 0,854 dan 0,514; ini menujukan bawah mengalami keterlambatan namun tidak mengalami pembengakan biaya, oleh karena itu perlu diambil kebijakan dalam project mangement pratice seperti penambahan tenaga kerja, penambahan waktu bekerja, dan pengecekan pekerjaan.

Keywords


evaluasi, kebijakan, dan konsep nilai hasil

Full Text:

PDF

References


Hamzah, N., & Khoiry, M. A. (2011). “Cause of Construction Delay - Theoretical Frame Work.” Procedia Engineering, 490-495.

Hill, G. M. (2008). The Complete Project Management Office Handbook. Taylor and Francis Group, United States.

Kerzner, H. (2009). Project Management: A System Approach to Planning, Scheduling, and Controlling 10th Edition. John Wiley, New Jersey.

Niazi, G. A., & Painting, N. (2017). “Significant Factors Causing Cost Overruns in the Construction Industry in Afghanistan.” Procedia Engineering, 510-517.

Santoso, B. (2009). Manajemen Proyek. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Soeharto, I. (1995). Manajemen Proyek dari Konseptual Sampai Operasional. Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :