STUDI TENTANG ANALISA HARGA SATUAN PEKERJAAN TAHUN 2016 DAN HARGA SATUAN POKOK KEGIATAN KOTA SURABAYA TAHUN 2018

Hanesha - Muliauwan, Gladys Theis - Theis, Budiman - Proboyo, Indriani - -

Abstract


Dalam proyek konstruksi estimasi biaya memiliki peranan yang sangat penting karena estimasi biaya digunakan untuk mengetahui rencana anggaran biaya dalam pembangunan suatu proyek. Dalam menyusun rencana anggaran biaya diperlukan pedoman untuk menentukan Harga Satuan Bahan maupun Harga Satuan Upah (Tenaga Kerja), berupa Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP). Jenis penelitian ini adalah penelitian Studi Literatur, dimana dalam Studi Literatur membandingkan dua pedoman, yaitu Analisa Harga Satuan Pekerjaan tahun 2016 yang telah diperbaiki di penelitian sebelumnya (Selanjutnya akan disebut AHSP 2016 Revisi) dan Harga Satuan Pokok Kegiatan Kota Surabaya tahun 2018 (HSPK 2018 Surabaya). Dari kedua pedoman akan diambil 6 kelompok pekerjaan, meliputi kelompok pekerjaan persiapan, tanah, pondasi, beton, pasangan dinding, dan plesteran. Kedua pedoman dikaji terhadap perubahan dan perkembangan jenis-jenis pekerjaan, jenis-jenis bahan dan koefisiennya, serta jenis-jenis tenaga kerja dan koefisiennya. Hasil penelitian Studi Literatur dilakukan terhadap 130 jenis pekerjaan AHSP 2016 Revisi dan 113 jenis pekerjaan HSPK 2018 Surabaya dari kedua pedoman tersebut akan ada 68 jenis pekerjaan yang dibahas yang selanjutnya telah diperbaiki/dilengkapi agar dapat dipergunakan dengan lebih baik.

Keywords


harga satuan pekerjaan, AHSP 2016 Revisi, HSPK 2018 Surabaya

Full Text:

PDF

References


Kementerian Pekerjaan Umum. (2016). Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 28/PRT/M/2016 tentang Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum, Jakarta.

Kepala Daerah Surabaya. (2018). Daftar Harga Satuan Pokok Kegiatan, Surabaya.

Pranata, Jimmy. dan A.W, William. (2020). Studi tentang Pedoman Analisa Harga Satuan Pekerja Tahun 2013 dan 2016 Serta Penerapannya dalam Dunia Konstruksi. Skripsi. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Skripsi, Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :