ANALISA SISA MATERIAL PADA PEKERJAAN STRUKTUR KONSTRUKSI BETON BERTULANG

Erich Quincy Chaise(1*), Kevin Stefanus Lians(2), Ratna Setiawardani Alifen(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembangunan struktur konstruksi beton bertulang tidak lepas dari sisa material yang akan terjadi di lapangan. Material beton bertulang terdiri dari: 1) semen, 2) pasir, 3) batu pecah/kerikil, 4) beton ready-mix, 5) besi beton, dan 6) bekisting. Banyaknya sisa material beton bertulang dapat mengakibatkan pencemaran pada kondisi lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis direct waste, faktor penyebab, serta usaha manajemen material dan sisa material pada pekerjaan beton bertulang. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada kontraktor proyek high-rise building dan low-rise building secara online dan offline. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa jenis sisa material yang paling sering terjadi pada material beton bertulang adalah akibat “uneconomic used waste”. Faktor penyebab sisa material beton bertulang paling sering terjadi adalah pemesanan tidak dapat dilakukan dalam jumlah kecil, sisa dari pemakaian atau penggunaan material, dan perubahan desain, sedangkan usaha manajemen material dan sisa material yang paling sering adalah usaha reduce.

Keywords


sisa material, beton bertulang, pekerjaan struktur

Full Text:

PDF

References


Bossink, B. A. G, dan H. J. H. Brouwers. (1996). Construction Waste: Quantification and Source Evaluation.

Chana, P. (2011) Low Carbon Cements: the Challenges and Opportunities. Proc. Future Cement Conf. & exhibition, London, February 8-9, pp. 1-7.

Garas, et al. (2001). Materials Waste in the Egyptian Construction Industry. Proceedings of the ninth Annual Conference of the International Group for Lean Construction IGLC-9, Singapore

Gavilan, R. M., and Bernold, L. E. (1994). Source Evaluation of Solid Waste in Building construction. Journal of Construction Engineering and Management, September 1994, pp 536 – 552.

Intan, S. (2004). Analisis dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi pada Pembangunan Ruko di Surabaya. (Skripsi No. 069/MTS/2004). Unpublished Graduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Prayogo, M. H., & Coln, W. L. (2009). Penanganan Sisa Material Ready-Mixed Concrete pada Proyek Konstruksi. (Skripsi No. 21011673/SIP/2009). Unpublished Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Samsidi, D. H., & Kosasih, J. M. (2009). Reduce, Reuse, Recycle dan Salvage terhadap Construction Waste pada Proyek Konstruksi Surabaya. (Skripsi No. 21011642/SIP/2009). Unpublished Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Setyanto, E., et al. (2010) Studi Sisa Material Pada Proyek Gedung dan Perumahan. Konferensi Nasional Teknik Sipil (KoNTekS 4), Juni 2010, pp 235-243.

Skoyles, E.F. (1976). Managerial Wastage: A Misuse of Resources, Building Research an Pracite. London. United Kingdom.

Tumbelaka, T.E. (2016). Studi Kasus Analisa Faktor-Faktor Penyebab Sisa Material Besi Beton dan Upaya Solusinya pada Satu Perusahaan Kontraktor Umum Gred 7 di Surabaya. (Skripsi No. 01000223/MTS/2016). Unpublished Graduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Urio, A., & Brent, A. (2006). Solid Waste Management Strategy in Bostwana: The Reduction of Construction Waste. Journal of The South African Institution of Civil Engineering, Vol. 48, No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :