FAKTOR PENYEBAB DAN ANTISIPASI CACAT KONSTRUKSI AKIBAT POOR WORKMANSHP PADA PELAKSANAAN BASEMENT

Apriandi - -, Steven - Christian, Ratna S. - Alifen

Abstract


Pelaksanaan konstruksi basement sering terjadi adanya cacat konstruksi. Salah satu penyebab cacat konstruksi adalah akibat poor workmanship. Faktor workmanship memiliki dampak penting dalam tercapainya kualitas pekerjaan basement dalam memenuhi standar spesifikasi kontrak. Dalam penelitian ini focus pada cacat konstruksi yang sering terjadi pada pelaksanaan basement, penyebab cacat konstruksi berkaitan dengan poor workmanship pada pelaksanaan basement dan antisipasi poor workmanship. Penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online dan offline pada beberapa kontraktor di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insiden cacat konstruksi yang sering terjadi antara lain kebocoran basement, rembesan air tanah pada soldier pile, dan genangan pada galian merupakan cacat konstruksi basement, sedangkan faktor poor workmanship sering diakibatkan oleh karena kondisi cuaca ekstrim dan kurangnya pengawasan. Antisipasi cacat konstruksi yang paling banyak dipilih oleh responden adalah mereka melakukan pengawasan ketat selama pelaksanaan konstruksi basement.

Keywords


konstruksi basement, poor workmanship.

Full Text:

PDF

References


Chew, M.Y.L. (2001). Construction Technologi for Tall Buildings, 3rd Edition, Singapore Universiry Press and World Scientific Publishing, Singapore.

Hong, C.H. (2016). Investigation of Defects in New Building in Malaysia. Final Year Project. Faculty of Engineering and Green Technology. Universiti Tunku Abdul Rahman.

Winarto, R. and Chrismawan. R. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Poor Workmanship dan Antisipasinya pada Proyek Konstruksi di Surabaya. Skripsi. Universitas Kristen Petra. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :