PENYEBARAN KARAKTERISTIK TANAH EKSPANSIF DI SURABAYA BERDASARKAN TINGKAT KEMBANG SUSUTNYA

Agnes - Elena, Joshua - Alexander, Gogot Setyo Budi, Daniel - Tjandra

Abstract


Tanah ekspansif merupakan tanah yang memiliki tingkat kembang susut akibat perubahan kadar air. Dampak dari sifat kembang susut yang tinggi pada tanah ekspansif dapat menimbulkan kerusakan pada bangunan diatasnya. Untuk itu dalam suatu perencanaan konstruksi perlu dilakukan pengujian terhadap tingkat kembang susut tanah ekspansif. Tanah dibeberapa lokasi Surabaya memiliki sifat ekspansif, terutama di daerah Surabaya barat. Tanah ekspansif di Surabaya Barat tersebut memiliki tingkat ekspansif yang berbeda-beda pada setiap lokasinya. Pada penelitian ini akan dipetakan karakteristik dari kembang susut tanah ekspansif di Surabaya.
Pada penelitian ini yang pertama mengumpulkan data tanah ekspansif berupa data karakteristik tanah asli (PI, SI, PI, SI, N-SPT, % lolos ayakan no.200, LL dan potensi pengembangan) lalu dibandingkan dengan klasifikasi tanah yang sudah dilakukan oleh para ahli. Data dianalisis dan dikelompokan dengan memberi tingkat nilai kembang susut tanah (rendah, sedang, tinggi, sangat tinggi). Setelah mengetahui tingkat ekspansifnya kemudian data dipetakan, lalu dikelompokan menjadi suatu daerah dan dianalisis terhadap lapisan geologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah di Surabaya Barat menurut PI, LL, % butiran lolos ayakan no.200 dan potensi pengembangannya menghasilkan rata – rata tinggi dan sangat tinggi, untuk N-SPT dan SI tingkat kembang susutnya sedang dan rendah

Keywords


tanah ekspansif, karakteristik tanah, kembang susut, atterberg limit.

Full Text:

PDF

References


Chen, F.H., (1975). Foundation on Expansive Soils, Developments in Geotechnical Engineering 12, Else-Vier Scientific Publishing Company, New York.

Gunawan, G.A. dan Soetjianto, P.J. (2018). Pengaruh Kepadatan dan Cuaca terhadap Kemampuan Kedap Air Campuran Nanomaterial dengan Tanah Ekspansif (TA No.21012216/SIP/2018). Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Hardiyatmo, H.C., (2014). Tanah Ekspansif, Edisi Pertama. Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Karim,L dan Handoko,E. (2002). Stabilisasi Tanah Ekspansif dengan Penambahan Fly Ash dan Portland Cement (TA No.1182/SIP/2002). Universitas Kristen Petra ,Surabaya. Raman, V.(1967), Identification of Expansive Soils From Plasticity Index and Shrinkage Index Data, The Indian Engineer, Caltuta, 11(1), pp.17 - 22. Seed, H.B., Woodward, R.J. and Lundgren, R.(1962). Prediction of Swelling Potential for Compacted Clay, Journal ASCE, Soil Mech. And Found, Div. 88.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :