ANALISIS JADWAL PELAKSANAAN PROYEK GEDUNG BERTINGKAT X DI SURABAYA DENGAN METODE EARNED SCHEDULE

Aditya - Wijaya(1*), Citra Yohanna Tjindra(2), Sentosa - Limanto(3),


(1) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(2) Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra Surabaya
(3) Dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap proyek konstruksi umumnya memiliki jadwal pelaksanaan proyek. Ketidaksesuaian antara rencana yang telah dibuat dengan pelaksanaannya menimbulkan keterlambatan proyek. Untuk menghindari masalah itu terjadi maka diperlukan adanya pengendalian jadwal proyek. Pada awalnya metode kurva-S digunakan sebagai pengendalian jadwal yang selanjutnya dikembangkan menjadi metode Earned Value Management (EVM). Muncul metode Earned Schedule (ES) yang merupakan pengembangan dari metode EVM yang menggunakan indikator waktu sebagai ganti dari indikator biaya. Metode ES dinilai lebih baik daripada metode EVM untuk memprediksi waktu penyelesaian proyek dan mengevaluasi performa waktu proyek. Hasil analisis dengan metode ES didapat bahwa proyek mengalami keterlambatan. Hal ini ditunjukkan pada data terakhir yaitu bulan Maret 2020 didapat nilai Schedule Variance (SV(t)) yang negatif, nilai Schedule Perfomance Index (SPI(t)) yang kurang dari 1, dan nilai To complete Schedule Perfomance Index yang lebih dari 1,1. Solusi/pengendalian yang dapat dilakukan pihak proyek untuk mengatasi keterlambatan adalah dengan melakukan reschedule, menambah tenaga kerja, dan melaksanakan jam lembur.

Keywords


jadwal, metode earned schedule, analisis, pengendalian, proyek, gedung bertingkat

Full Text:

PDF

References


Lipke, W. (2012). Earned Schedule Contribution to Project Management. PM World Journal, 1(2), 1-2.

Lipke, W. (2014). Introduction To Earned Schedule. PM World Journal, 3(11), 8-9.

Lipke, W., Zwikael, O., Henderson, K., dan Anbari, F. (2009). Prediction of Project Outcome: The Application of Statistical Method to Earned Value Management and Earned Schedule Performance Indexes. International Journal of Project Management, 27(4), 400-407.

Vanhoucke, M., Vandevoorde, S. (2007). A Simulation and Evaluation of Earned Value Metrics to Forecast the Project Duration. Journal of the Operational Research Society, 58(10), 1361-1374.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :