Pengaruh Lobe Separation Angle (LSA) Terhadap Performa Motor Bakar Honda Supra X 125 R

Steven Roderica Wijaya, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Abstrak. Sepeda Motor adalah alat transportasi yang umum dan banyak sekali digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan setiap harinya. Peningkatan performa kendaraan dalam hal ini motor, penggantian camshaft standart ke camshaft racing adalah yang paling popular di kalangan masyarakat yang menginginkan kendaraannya melaju kencang. Tetapi belum diketahui secara pasti berapa LSA yang paling tepat agar camshaft dapat digunakan dengan efektif.

Studi literatur yang dilakukan, LSA camshaft yang dapat dimodifikasi. Melalui literatur tersebut LSA 100O -105O adalah Low LSA sedangkan 106O -110O adalah Medium LSA dan <110O adalah Over LSA, dari literature tersebut dibuat variabel LSA dengan LSA 104O 108O dan 112O. dari ketiga desain yang ada, diambil desain terbaik untuk diuji kembali dan melihat performa yang dihasilkan oleh setiap camshaft.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Medium LSA (108O) memiliki daya 9.10 HP dengan kenaikan 5.44% disbanding dengan Low LSA dan Over LSA dikarenakan fenomena aliran yang dihasilkan dan kompresi dari piston yang sangat baik.


Keywords


Sepeda Motor, Camshaft, Variasi LSA, Lobe Separation Angle

Full Text:

PDF

References


Bell, G. (2006). Four Stroke Performance Tuning In Theory and Practice. England: Haynes Publishing Group.

Bell, G. (n.d.). Modern Engine Tuning. England: Haynes Publishing Group.

Brokav, P. M. (1970). A Study Of The Four Stroke Motorcycle Engine.

Hammil, D. (1998). How To Choose Camshaft and Fine Them For Maximum Power.

Huang, P. (2016). Pengaruh Pengurangan Diameter Valvestem dan Penambahan Radius Valveneck Terhadap Performa Motor Bakar Honda Supra FIT 100CC. Mechanova.

Kristanto, P. (2015). Motor Bakar Torak (Teori & Aplikasinya). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kurniawan. (2013). Retrieved 11 12, 2017, from https://ratmotorsport.co/2013/11/11/durasi-lift-noken-as/

Lunati. (2008). Retrieved 11 07, 2017, from www.lunatipower.com/tech/cams/camprofileterms.aspx

Wijaya, A. (2017). Pengaruh Perubahan Profil Camshaft Terhadap Unjuk Kerja Motor Satria F 150 CC DOHC. Mechanova.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.