PERANCANGAN PENYANGGA DARURAT RODA SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO M3 125

Septianto Andre Kusuma, Joni Dewanto

Abstract


Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang umum digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Problematika utama yang sering dijumpai oleh para pengendara sepeda motor adalah disaat pengendara mengalami kebocoran pada ban yang menyebabkan perjalanan menjadi terganggu/terhambat terutama ketika pengendara tidak dapat menemukan tempat untuk memperbaiki roda ban sepeda motor tersebut. Oleh karenanya skripsi ini dirancang yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah rancangan produk yang dapat mengantisipasi dan memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Rancangan produk pada sepeda motor ini yang selanjutnya dinamakan penyangga roda sepeda motor merupakan integrasi dari produk paddock yang memiliki fungsi untuk mengangkat kendaraan hingga bagian roda terangkat yang memungkinkannya untuk bisa bergerak menggelinding. Rancangan dan prototype dibuat sekaligus untuk mengantisipasi kebocoran ban sepeda motor baik bagian depan maupun bagian belakang.

Komponen daripada penyangga darurat ini menggunakan berbagai macam dari material yaitu baja ASTM-A36 untuk tumpuan bagian depan dan bagian belakang, bahan Rubber untuk roda, baja ASTM-A36 untuk poros dan stainless steel untuk baut dan mur. Desain dari penyangga darurat ini dirancang menyesuaikan dari bentuk sepeda motor khususnya sepeda motor matic dan desain menggunakan software inventor.


Keywords


Penyangga Sepeda Motor; Penyangga Darurat; Ban Bocor

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, Z. (2014). PERANCANGAN POROS RODA GIGI SEBAGAI PENGATUR GERAK MAJU MUNDUR UNTUK MOBIL HARAPAN. Medan: Sekolah Tinggi Teknik Harapan.

Beer, Ferdinand Jr., E. Johnston, Russell., DeWolf, John., Mazurek, David., (2012). MECHANICS OF MATERIALS SIXTHEDITION. New York: McGraw-Hill.

Castors, B. (2016). Engineering Polymers - Material Properties of Polymeric Caster Wheels. RUBBER POLYMERS AS A CASTOR WHEEL MATERIAL, 1-2.

Engineering Polymers - Material Properties of Polymeric Caster Wheels. (n.d). Retrieved January 14, 2016, from http://www.bulldogcastors.co.uk/polymer-based-caster-wheels.pdf

Kraus, T. D. (2001, June). MOTORCYCLE STAND (Patent No. US 6,241,104 B1)

Nurcahyo, G. W. (2010, October). PERANCANGAN MOTORCYCLE LIFT SEBAGAI ALAT BANTU MEKANIK PADA PENGERJAAN SERVIS MOTOR. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Popov, E.P. (1991). Mekanika Teknik. Jakarta : Erlangga.

Sato, Takeshi., Harianto, Sugiharto., (2008). Menggambar Mesin Menurut Standar Iso. Jakarta : PT Pradnya Paramita

Shigley, J. E., & Mischke, C. R. (1986). Standard Handbook Of Machine Design. United States of America: McGraw-Hill Book Company.

Sularso, I., & Suga, K. (1991). Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin . Jakarta: Pradnya Paramita.

Swasand, B. (2009, Janurary). WHEEL CHOCK (Patent No. US 2009/0019901 A1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.