Primary Processing Yield Improvement pada PT A

Andreas Samuel Sivananda(1*), Roche Alimin(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Salah satu Key Performance Indicator (KPI) di Departemen Primary Processing 1 adalah Yield. Pencapaian Yield di Departemen Primary Processing 1 tidak stabil sehingga dilakukan improvement untuk menstabilkan dan meningkatkan Yield di departemen Primary Processing 1. Kondisi di Departemen Primary Processing saat ini jika terjadi Yield Loss, Team Leader akan meminta data produksi dari admin. Data produksi ini adalah data sehari yang lalu, artinya Team Leader dapat mengakses data produksi hari ini keesokan hari. Hal ini menandakan adanya time loss sebesar 24 jam (16 batch produksi). Setelah mendapatkan data dari admin, Team Leader melakukan kalkulasi nilai Yield secara manual, kalkulasi memakan waktu 1 shift produksi atau 8 jam (5 batch produksi). Total time loss sebesar 32 jam setara dengan 21 batch produksi. Masalah selanjutnya, Prodtech (Production Technician) tidak paham yang harus dilakukan jika terjadi Yield Loss, salah satu penyebab Yield Loss adalah waste berupa tobacco loss. Dari permasalahan yang ada dilakukan propose countermeasurement sebagai solusi dari masalah. Propose countermeasurement yang pertama untuk mengatasi lambatnya perhitungan Yield adalah Online Yield Analysis Tool. Propose countermeasurement yang kedua untuk mengatasi lambatnya respon Prodtech ketika terjadi Yield Loss adalah membuat modul training “Yield for Prodtech Align with Yield Governance”.

Keywords


Key Performance Indicator (KPI); Yield, Yield Loss; Waste; Tobacco Loss; Time Loss; Analysis Tool

Full Text:

PDF

References


American Society for Quality, Tree Diagram. [Online] from http://asq.org/learn-about-quality/new-management-planning-tools/overview/tree-diagram.html (2004). [Accessed on July 7th 2018].

American Society for Quality, Pareto Chart. [Online] from http://asq.org/learn-about-quality/cause-analysis-tools/overview/pareto.html (2005). [Accessed on July 7th 2018].

D. C. Montgomery. Introduction to Statistical Quality Control. 7th ed. Arizona: John Wiley & Sons, Inc (2013). p.208-209.

PT “A”. Manufacturing Performance Measures. Indonesia: PT “A” (2013). p.13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.