Desain Silencer Knalpot Racing untuk Suzuki Satria

Antonio Teguh Tjahyono(1*), Teng Sutrisno(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak. Perkembangan variasi dalam bidang otomotif saat ini sangat beragam. Peningkatan performa kendaraan dalam hal ini motor, penggantian knalpot dari knalpot standar ke knalpot aftermarket yang biasa juga disebut knalpot racing adalah yang paling populer. Banyak produsen knalpot racing yang belum mengikuti regulasi pemerintah mengenai tingkat kebisingan suara knalpot yang diijinkan sehingga banyak perdebatan yang terjadi mengenai suara dari knalpot racing. Knalpot aftermarket yang beredar belum teruji performanya, apakah dengan mengganti knalpot ini akan meningkatkan performa kerja mesin atau justru membuat performa mesin menurun.

Berdasarkan studi literatur yang dilakukan, didapat perhitungan dari rumus milik A. Graham Bell untuk sistem knalpot mobil yang kemudian dimodifikasi agar sesuai dengan penerapan untuk sistem knalpot pada sepeda motor. Melalui rumus tersebut didapat panjang sistem knalpot yang sesuai. Dibuat modifikasi desain silencer dengan model freeflow dengan variasi panjang 10 cm, 20 cm, 30 cm, dan 40 cm untuk kemudian dibuat prototype dan dilakukan pengujian performa yang dihasilkan. Dari ke 4 desain yang ada, diambil desain terbaik untuk diuji kembali dan melihat performa yang dihasilkan terhadap perubahan diameter dalam silencer.


Keywords


Sepeda Motor, Sistem Pembuangan, Knalpot, Silencer, Tingkat Kebisingan Knalpot.

Full Text:

PDF

References


A, Pepa. Pengaruh Penggunaan Knalpot Terhadap Efisiensi Bahan Bakar pada Mesin 4 Tak dan Analisa Hambatan pada Motor Drag. [Online] from https://www.slideshare.net/alenpepa14/iv-peragaan-alat-nas-dan-ich?from_action=save. (2013). [Acessed on 20 March 2018].

R. A. Fadilah. Analisis Penggunaan Knalpot Model Free Flow dan Busi Racing Terhadap Torsi, Daya dan Tingkat Kebisingan Sepeda Motor 4 Langkah. [Thesis] FKIP Universitas Sebelas Maret (2016). [in Bahasa Indonesia].

Janaprasetya. R. A., Sutrisno.T. Desain Ulang Knalpot Racing 3v3 Guna Meningkatkan Kinerja Mesin Yamaha RX King. Mechanova (2014).

Lesmana. R., Dewanto. J. Perancangan Knalpot Dualsound. Mechanova (2015).

A. DiC, J. F.Y, Ukur Yuk, Berapa Sih DB Knalpot Motor?. [Online] from https://otomotifnet.gridoto.com/read/02166231/ukur-yuk-berapa-sih-db-knalpot-motor?page=all#!%2F. (2010). [Acessed on 20 Mearch 2018].

A. Graham Bell. Performance Tuning in Theory and Practice. England: Haynes Publishing Group (1981). p. 110-118.

Motogokil. Mudah bin Gampang Merancang Knalpot Racing, Caranya ????. [Online] from https://motogokil.com/2013/10/12/mudah-bin-gampang-merancang-knalpot-racing-caranya/. (2013). [Acessed on 29 March 2018].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.