Re-Desain Exhaust System Pada Mesin BMW M43 Dengan Konfigurasi 4-1 Untuk Balap Drag Race

Rizky Rana Ashmawan(1*), Teng Sutrisno(2),


(1) Petra Christian University
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan performa BMW E36 mesin M43 dengan cara melakukan modifikasi keseluruhan pada bagian exhaust untuk balap drag race. Bagian yang dimodifikasi meliputi header dengan konfigurasi 4-1, kolektor, resonator serta muffler. Desain exhaust system yang baikĀ  akan memperlancar aliran gas buang dari mesin. Sehingga mampu membuat performa mesin mobil menjadi lebih baik daripada sebelumnya untuk mengejar target time pada balap drag race. Metode penelitian ini adalah dengan mendesain ulang header 4-1 dengan program Solidwork. Kemudian hasil desain tersebut dilakukan simulasi aliran fluida untuk mendapatkan nilai pressure drop di tiap pipa silinder. Modifikasi resonator dilakukan dengan variasi dimensi panjang dan di uji dengan alat dynamometer untuk mengetahui perubahan daya dan torsi yang diakibatkan dari modifikasi resonator. Pengujian dilakukan dengan uji coba langsung di sirkuit drag race 201 meter untuk mengetahui peningkatan target time yang ingin di capai. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan target time (elapsed time) sebesar 0.85 detik dari time standar 12,2 detik menjadi 11,3 detik.


Keywords


Desain knalpot, Exhaust System, exhaust header, resonator, muffler

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.