Analisa Kinematik Watt's Link Pada Suspensi Holden Torana

Yizhar Bechamel Putra Mestoko(1*), Ninuk Jonoadji(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Dapat dikatakan bahwa stabilitas kendaraan ditentukan oleh salah satunya adalah stabilizer. Salah satu upaya untuk meningkatkan stabilitas dari kendaraan adalah dengan menambah komponen stabilizer seperti Watt’s Link. Watt’s link merupakan sebuah stabilizer yang berfungsi untuk mencegah pergerakan menyamping dari gardan terhadap sumbu aksialnya. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa kinematic dari Watt’s Link. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengerti cara kerja dari Watt’s Link, memahami sudut-sudut optimalnya, dan mengetahui simpangan gardan saat diterapkan Watt’s Link.

Dari hasil analisa kinematic posisi dari Watt’s Link watts link mampu menghasilkan pergerakan yang bisa dianggap lurus sepanjang  mm dan range optimal batang ayun dari Watt’s link berayun adalah sebesar 11°. Dan dari hasil pengujian statis simpangan gardan didapati bahwa Watt’s link mampu untuk mengurangi simpangan gardan dari titik tengah chassis hingga 0.7 mm, sehingga ketika kendaraan melakukan manuver dengan kecepatan tinggi mampu mengurangi gejala oversteer.


Keywords


4 bar linkage; watt's link; stabilizer; rear suspension

Full Text:

PDF

References


Satu Data Indonesia, Jumlah kendaraan bermotor (unit). 2014 [Online] from https://data.go.id/dataset/jumlah-kendaraan-bermotor-unit. (2013). [Accessed on November 12nd 2017].

Wikepedia, Watt’s Linkage. 2018 [Online] from https://en.wikipedia.org/wiki/Watt%27s_linkage. (2018). [Accessed on November 20th 2017].

Sadler, J. P. and Wilson, C. E. (2003). Kinematics and Dynamics of Machinery (3rd ed.). New Jersey : Pearson Education. p. 120-124.

W. Jun, F. Shaowei, J. Minghe, L. Hong. Cnd. Phys. J. E, 40,3:399–417(2016).

Varberg, D., Purcell, E. J., and Rigdon, S, E. (2006). Calculus with Differential Equations (9th ed.). Pearson Education. p. 560-586.

Knowles, D. (2010). Today’s Technician : Automotive Suspension & Steering, Fifth Edition : Cengage Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.