PERCOBAAN DUAL FUEL INJECTION SYSTEM PADA MOTOR BAKAR BENSIN

Ignatius Ivan Salim(1*), Fandi Dwiputra Suprianto(2),


(1) 
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada penelitian ini akan dijelaskan tentang percobaan dual fuel injection system. Salah satu
sistem yang dapat menggabungkan dua bahan bakar dalam satu ruang bakar untuk mengurangi
bahan bakar yaitu dengan dual fuel injection system. Hal ini kan diteliti, yaitu dengan cara
menbuat sistem yang dapat mengatur perbandingan debit injektor primer dan injektor sekunder.
Percobaan ini dilakukan dengan menggunakan resistor pada pompa bahan bakar sekunder untuk
mengatur arus listrik yang masuk ke dalam pompa sekunder, sehingga debit bahan bakar yang
disemprotkan oleh injektor sekunder akan mengikuti tekanan dari pompa. Hasil percobaan dual
fuel injection system setelah menggunakan resistor mendapatkan perbandingan debit bahan bakar
injektor sekunder terhadap injektor primer yang terendah yaitu 5,92% dan hasil yang tertinggi
48,34%.


Keywords


Dual Fuel, Kelistrikan, Water Injection

Full Text:

PDF

References


Saftari, F. (2006). Utak-Atik Otomotif. Jakarta: Elek Media Komputindo

Gunadi, Y. S. (2009). Peningkatan unjuk kerja mesin diesel toyota kijang innova 2.5 dengan penambahan injeksi air dan methanol. (TA No02010874/MES/2009). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Siddik, M., & Rohman. (2014). Pengaruh penggunaan water injection dan jenis bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar pada

sepeda motor honda supra fit tahun 2006. Jurnal teknik mesin universitas negeri Surakarta. Retrieved June 17, 2017, from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptm/article/view/8197.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.