STUDI PENGARUH TEMPERATUR BAHAN BAKAR PADA PERFORMA MESIN HR15DE

Jeremy Luglio Hartono(1*), Fandi Dwiputra Suprianto(2),


(1) 
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahan bakar yang tidak terbakar sempurna pada proses pembakaran merupakan sebuah kerugian
bagi pengguna kendaraan bermotor dan juga bagi lingkungan. Hal tersebut dikarenakan emisi gas
buang yang buruk dan konsumsi kendaraan yang boros. Permasalahannya adalah belum
diketahuinya temperatur bahan bakar bensin yang menghasilkan performa mesin secara optimal.
Oleh karena itu didapati cara dengan merancang jalur bahan bakar melalui media pendingin atau
pemanas yang bertujuan merubah temperatur bahan bakar. Dari perubahan temperatur tersebut
akan mendapat pengaruh terhadap performa mesin, emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar.
Perubahan suhu bahan bakar dilakukan menggunakan media pendingin atau pemanas dengan
memanfaatkan thermoelectric sebagai perpindahan panas. Pada pengujian ini, saluran bahan
bakar dimasukan ke dalam kabin kendaraan dengan menggunakan selang tambahan dari pompa
bahan bakar menuju fuel rail. Temperatur bahan bakar yang akan diuji adalah dalam rentang suhu
20oC hingga 45oC dengan step kenaikan suhu 5oC. Dalam studi ini terdapat beberapa rangkaian
pengujian, yaitu pengujian chassis dynamometer, pengujian emisi dan konsumsi bahan bakar. Dari
proses pengujian yang telah dilakukan didapatkan beberapa kesimpulan, bahwa pada pangujian
chassis dynamometer, suhu bahan bakar paling optimal untuk melakukan pembakaran adalah suhu
30oC. Sedangkan untuk pengujian emisi dan pengujian konsumsi bahan bakar, suhu bahan bakar
yang paling optimal masuk kedalam mesin adalah suhu 45oC.


Keywords


Bahan Bakar, Mesin HR15DE, Thermoelectric.

Full Text:

PDF

References


Indartono, Yuli Setyo, (2005), “Krisis Energi di Indonesia : Mengapa dan Harus Bagaimana”, Inovasi online vol. 5/XVII/November 2005.

Sugiarti, (Juni 2009), “Gas Pencemar Udara Dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan Manusia Air Pollutan Gasses and The Influence of Human Healt”. Jurnal Chemica Vol. 10 Nomor 1 Juni 2009, 50-58.

Saputro, Yudhi Agil, (2015), “ Pengaruh Pemanasan Bahan Bakar Bensin Melalui Pipa Kapiler Bersirip Transversal di Dalam Upper Tank Radiator dan Putaran Mesin Terhadap Emisi Gas Buang CO dan HC Pada Mobil Toyota Corona”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Mesin Vol. 3 Nomor 4 April 2015

Willyanto. (1999). Analisis Pengaruh Pemanas Solar Terhadap Unjuk Kerja Motor Diesel Isuzu 2500 cc tipe 4JA1. (TA No. 99.54.356). Unpublished undergraduate thesis, Universitas

Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.