OPTIMASI DESAIN IMPELLER KOMPRESSOR PADA TURBOCHARGER TD04-12T UNTUK MESIN MITSUBISHI 4M40

Christopher Aninditya(1*), Teng sutrisno(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Bahan bakar minyak merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan banyak
digunakan sektor otomotif. Sektor otomotif pengguna bahan bakar minyak adalah internal
combustion engine seperti yang digunakan di mobil. Untuk meningkatkan efisiensi pembakaran
internal combustion engine, efisiensi volumetris perlu ditingkatkan dengan menaikkan tekanan
udara masuk menggunakan turbocharger. Bagian dari turbocharger yang menaikkan tekanan
udara masuk adalah kompressor yang desainnya sangat mempengaruhi kenaikan tekanan udara.
Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan simulasi computational fluid dynamic, yaitu
sekumpulan metodologi yang menggunakan komputer untuk melakukan simulasi aliran fluida
dengan memecahkan persamaan Navier-Stokes secara numerik. Sedangkan analisa data yang
dilakukan adalah analisa terhadap pola aliran udara dan kenaikan tekanan udara. Modifikasi yang
dilakukan pada penelitian ini yaitu memodifikasi panjang splitter blade dan jumlah main blade.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa modifikasi 8 main blade adalah modifikasi yang paling baik,
menaikkan tekanan udara sebesar 19.96%. Modifikasi panjang splitter blade kurang efektif karena
hanya menaikkan tekanan udara sebesar 4.3%.


Keywords


kompressor sentrifugal, impeller, turbocharger mobil, makalah, jurnal mechanova, teknik mesin.

Full Text:

PDF

References


Institute of Energy Research. (2015). Fossil

Fuels. Retrieved 12 November, 2016, from

https://instituteofenergyresearch.org/topics/enc

yclopedia/fossil-fuels/

Seralathan, S., & Chowdhury, D. R. (2013).

Modification of Centrifugal Impeller and Effect

of Impeller Extended Shrouds on Centrifugal

Compressor Performance. Procedia

Engineering, Vol.64, hal.1119-1128.

Zhu, X., Li, G., Jiang, W., & Fu, L. (2016).

Experimental and numerical investigation on

application of half vane diffusers for centrifugal

pump. International Communications in Heat

and Mass Transfer, Vol.79, hal.114–127.

Abdelmadjid, C., Mohamed, S.A., & Boussad,

B. (2013). CFD Analysis of the Volute

Geometry Effect on the Turbulent Air Flow

through the Turbocharger Compressor. Energy

Procedia, Vol.36, hal.746-755.

Wang, T., Peng, C., & Wu, J. (2014). Back

Swept Angle Performance Analysis of

Centrifugal Compressor. MECHANIKA,

Vol.20, hal.402-406.

Ariga, I. (1998). The Effects of Impeller Exit

Rake Angle on the Internal Flow of Centrifugal

Impellers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.