PERANCANGAN SUDU TURBIN TURBOCHARGER RADIAL PADA MITSUBISHI PAJERO 4M40 DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE CFD

Andrey Andrey(1*), Teng sutrisno(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian perlu dilakukan karena pertumuhan ekonomi yang meningkat yang membuat kebutuhan
daya beli mobil dan Bahan Bakar yang semakin meningkat. Penjualan mobil dapat meningkat
namum tidak berlaku untuk Bahan Bakar yang ada di dunia ini. Untuk dapat mengefisiensikan
kendaraan dengan cara, menambahkan alat untuk meningkatkan efisiensi volumetrik untuk
menaikkan tekanan udara yang masuk ke ruang bakar mesin adalah turbocharger. Sehingga untuk
dapat menaikkan efisiensi volumetrik dapat dilakukan dengan mengoptimalkan turbocharger.
Metode penelitian dilakukan dengan bantuan program simulasi computer fluid dynamic (CFD),
yaitu simulasi yang dapat memecahkan persamaan Navier-Strokes secara numerik pada program
komputer. Modifikasi yang dilakukan pada penelitian ini dengan memodifikasi ketebalan dibagian
tengah blade atau up/low surface dan memodifikasi jumlah dari blade pada sebuah impeller. Hasil
modifikasi yang dilakukan dengan menggunakan parameter yang sama dilakukan dengan dua
metode, yaitu dengan memodifikasi ketebalan dari bagian up/low surface dan juga memodifikasi
jumlah blade pada sebuah impeller. Hasil modifikasi yang telah dilakukan dapat meningkatkan
26,9% untuk modifikasi ketebalan dan 24,2% untuk memodifikasi jumlah blade pada sebuah
impeller.


Keywords


Turbin radial, impeller, turbocharger mobil.

Full Text:

PDF

References


R, Cipollone, Di Battista D, and Gualtieri A.

"Direct Heat Recovery from the ICE Exhaust

Gas." Sustainable Vehicle Technologies (2012):

-87. Web.

Boyce, Meherwan P. "8-Radial-Inflow Turbines."

Gas Turbine Engineering Handbook 4th ser.

(2012): 357-83. Web.

Tang, Qijun, Jianqin Fu, Jingping Liu, Benoit

Boulet, Ligang Tan, and Zhichao Zhao.

"Comparison and Analysis of the Effects of

Various Improved Turbocharging Approaches on

Gasoline Engine Transient Performances."

Applied Thermal Engineering 93 (2016): 797-

Web.

Ioan PĂDUREAN, Ass. Prof. "ANALITICAL

METHOD OF THE REPREZENTATION OF

THE RUNNER’S BLADE THICKNESS FROM

THE FRANCIS TURBINES. "(2004): 143-

Web.

SAI VASTAV,M. " AUTOMOTIVE DESIGN

AND ANALYSIS OF TURBO CHARGER

WITH ELEVEN AND TWELVE BLADES."

International Journal of Mechanical And

Production Engineering,ISSN:2320-2092 (2015):

-125.Web.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.