STUDI PROFIL FOREBODY PADA BUS ALL NEW LEGACY (STUDI KASUS KAROSERI LAKSANA)

Daniel Wibisono(1*), Teng Sutrisno(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Bus merupakan transportasi publik yang memberi kontribusi penting pada kemajuan industri otomotif. Hal ini terlihat dari peningkatan populasi pengguna bus sebagai alat transportasi baik antar kota maupun antar propinsi. Namun dengan bentuk bodi bus yang masih datar atau mengotak, memberikan nilai koefisien drag yang besar. Oleh karena, itu penelitian ini membandingkan 3 konsep forebody bus dengan bus model standart untuk dilihat hasil pengurangan nilai koefisien drag-nya.

Metode penelitian yang dilakukan simulasi 2 dimensi, untuk pengambilan model terbaik dan simulasi 3 dimensi untuk validasi uji wind tunnel menggunakan model skala 1:32 dan variabel kecepatan antara 15 m/s hingga 29 m/s. Selanjutnya optimasi model forebody menggunakan simulasi 2 dimensi dengan variable forebody symmetry, forebody up dan forebody down. Hasil penelitian menunjukan bahwa model 2  atau model forebody up memberikan hasil koefisien drag terbaik dengan penambahan panjang forebody 1m dengan nilai Cd = 0.53


Keywords


Kata kunci: Forebody bus, Aerodinamika, Koefisien drag.

Full Text:

PDF

References


Sumadi, B. K. (2015). Statistik Perhubungan. Jakarta: Kementrian Perhubungan.

Administration, F. H. (2016). Average Fuel Economy of Major Vehicle Category.

Mohhamed, E. A., Radwi, M. N., & Gawad, A. F. (2014). Computational Investigation of Aerodynamic characteristic and drag reduction of bus model. American Journal of Aerospace Engineering. Special Issue: Hands-on Learning.

Jeff Patten, P. E., Brian McAuliffe, P., William Mayda, P. E., & Bernard Tanguay, P. (2012). Review of Aerodynamic Drag Reduction Devices for Heavy Trucks and Buses. Canada: National Research Council of Canada Centre for Surface Transportation Technology.

Sebastian, M., Suprianto, F. D., Sutrisno, T. (2016). Experimental Study On The Influence Of Riblets On Bus Body Towards Drag Coefficient. Mechanova.

Fox, R. W., McDonald, A. T., & Pritchard, P. J. (2011). Introduction to Fluid Mechanics. Wiley.

Hucho, W.-H. (1987). Aerodynamics of road vehicles. Elsevier.

Clancy, LJ. (1975). Aerodynamics. New York: John Wiley and Sons, Inc.

Barger, R. I. (1979). A Theoretical Investigation of Forebody Shapes Designed for Natural 'Laminar Boundary-Layer Flow. Virginia: Nasa.

Mokhtar, W., & Hasan, M. (2016). A CFD study of Wind Tunnel Wall Interference. American Society for Engineering Education.

Raveendran, A., Rakesh, D., & Sridhara, S. N. (2009). Exterior Styling of an Intercity Transport Bus for Improved Aerodynamic Performance


Refbacks

  • There are currently no refbacks.