PERANCANGAN KNALPOT DUALSOUND
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Perancangan knalpot dualsound ini bertujuan untuk menghasilkan knalpot yang dapat
memberikan tenaga yang lebih tinggi kepada kendaraan pada mode freeflow dan menghasilkan
suara yang sama dengan knalpot standar pada mode silent sehingga pengendara dapat mengatur
kondisi mode knalpot sesuai dengan kebutuhan.
Pengujian knalpot dualsound yang diaplikasikan pada motor Honda CG 110 dilakukan
dengan dynotest untuk mengukur performa yang dihasilkan mesin pada mode freeflow dan
dibandingkan dengan pada mode silent. Pada mode freeflow juga diukur tingkat kebisingannya dan
dibandingkan dengan batas tingkat kebisingan yang diterapkan oleh peraturan lalu lintas.
Kesimpulan dari pengujian ini berupa pada mode freeflow dihasilkan horsepower sebesar
18.0 HP dan torsi sebesar 19.87 NM lebih besar dibandingkan pada mode silent dimana diperoleh
horsepower sebesar 17.4 HP dan torsi sebesar 17.87 NM. Namun tingkat kebisingan yang
dihasilkan pada mode freeflow masih melebihi batas tingkat kebisingan yang diterapkan oleh
peraturan lalu lintas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andika,R. (2015). Desain Ulang Knalpot
Racing 3V3 Guna Meningkatkan Kinerja Mesin
Yamaha RX King. Jurusan Teknik Mesin
Universitas Kristen Petra Surabaya.
Bell, G. (1998). Four Stroke Performance
Tuning. New South Wales: Haynes & Co Ltd.
Bosch,R. (1996). Automotive Handbook.
Stuttgart : Robert Bosch gmbH.
Hapis,B. (2014). Usaha Mengurangi
Kebisingan Knalpot Produksi IKM Di Kota
Medan. Jurusan Teknik Mesin Universitas
Negri Medan.
Kansai Exhaust. (2001). How Mufflers Work.
Retrieved March 2, 2016, from
http://www.kansaiexhaust.com/page/1/how-it-
works.html
Kurniawan,E. (2011). Perancangan Knalpot
Suzuki RK Cool Untuk Drag Race. Jurusan
Teknik Mesin Universitas Kristen Petra
Surabaya.
Potente,D. (2005). General Design Principles
for an Automotive Muffler. Sydney, NSW : Day
Design Pty Ltd, Acoustical Consultants.
Pranoto,A. (2012). Efek Perubahan Ukuran
Diameter Header Knalpot Terhadap Konsumsi
Bahan Bakar Dan Akselerasi Pada Sepeda
Motor 4 Tak. Fakultas Teknik, IST AKPRIND
Yogyakarta.
Wicaksono, K. (2015). Mengenal Lebih Jauh
Peredam Knalpot Motor. Retrieved April 1,
,from
http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/6393
-mengenal-lebih-jauh-peredam-knalpot-moto
r
Refbacks
- There are currently no refbacks.