PERANCANGAN KNALPOT DUALSOUND

Randy Lesmana(1*), Joni Dewanto(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan knalpot dualsound ini bertujuan untuk menghasilkan knalpot yang dapat
memberikan tenaga yang lebih tinggi kepada kendaraan pada mode freeflow dan menghasilkan
suara yang sama dengan knalpot standar pada mode silent sehingga pengendara dapat mengatur
kondisi mode knalpot sesuai dengan kebutuhan.
Pengujian knalpot dualsound yang diaplikasikan pada motor Honda CG 110 dilakukan
dengan dynotest untuk mengukur performa yang dihasilkan mesin pada mode freeflow dan
dibandingkan dengan pada mode silent. Pada mode freeflow juga diukur tingkat kebisingannya dan
dibandingkan dengan batas tingkat kebisingan yang diterapkan oleh peraturan lalu lintas.
Kesimpulan dari pengujian ini berupa pada mode freeflow dihasilkan horsepower sebesar
18.0 HP dan torsi sebesar 19.87 NM lebih besar dibandingkan pada mode silent dimana diperoleh
horsepower sebesar 17.4 HP dan torsi sebesar 17.87 NM. Namun tingkat kebisingan yang
dihasilkan pada mode freeflow masih melebihi batas tingkat kebisingan yang diterapkan oleh
peraturan lalu lintas.


Keywords


Knalpot, Freeflow, Silent, Honda CG 110, Horsepower, Torsi, Tingkat Kebisingan.

Full Text:

PDF

References


Andika,R. (2015). Desain Ulang Knalpot

Racing 3V3 Guna Meningkatkan Kinerja Mesin

Yamaha RX King. Jurusan Teknik Mesin

Universitas Kristen Petra Surabaya.

Bell, G. (1998). Four Stroke Performance

Tuning. New South Wales: Haynes & Co Ltd.

Bosch,R. (1996). Automotive Handbook.

Stuttgart : Robert Bosch gmbH.

Hapis,B. (2014). Usaha Mengurangi

Kebisingan Knalpot Produksi IKM Di Kota

Medan. Jurusan Teknik Mesin Universitas

Negri Medan.

Kansai Exhaust. (2001). How Mufflers Work.

Retrieved March 2, 2016, from

http://www.kansaiexhaust.com/page/1/how-it-

works.html

Kurniawan,E. (2011). Perancangan Knalpot

Suzuki RK Cool Untuk Drag Race. Jurusan

Teknik Mesin Universitas Kristen Petra

Surabaya.

Potente,D. (2005). General Design Principles

for an Automotive Muffler. Sydney, NSW : Day

Design Pty Ltd, Acoustical Consultants.

Pranoto,A. (2012). Efek Perubahan Ukuran

Diameter Header Knalpot Terhadap Konsumsi

Bahan Bakar Dan Akselerasi Pada Sepeda

Motor 4 Tak. Fakultas Teknik, IST AKPRIND

Yogyakarta.

Wicaksono, K. (2015). Mengenal Lebih Jauh

Peredam Knalpot Motor. Retrieved April 1,

,from

http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/6393

-mengenal-lebih-jauh-peredam-knalpot-moto

r


Refbacks

  • There are currently no refbacks.