PENURUNAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PELANGGAN PADA DIVISI AFTERSALES SERVICE HONDA SURABAYA CENTER

Luvian Krisantono(1*), Fandi D. Suprianto(2), Philbertho Eka Sanchia(3),


(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era mobilitas seperti sekarang ini, kebutuhan akan kendaraan bermotor merupakan kebutuhan
utama bagi masyarakat Indonesia. Pemerintah juga sudah mencanangkan mobil rendah emisi
dengan harga yang tergolong murah beberapa waktu lalu. Maka dari itu masyarakat lebih memilih
untuk membeli mobil daripada membeli motor. Dengan semakin banyaknya jumlah mobil yang ada
di Indonesia maka bengkel servis mobil pun semakin banyak dikunjungi. Seperti contohnya bengkel
resmi merek Honda tepatnya Honda Surabaya Center yang sudah dikenal masyarakat Surabaya
sebagai bengkel pusat Honda. Semakin bertambahnya mobil Honda yang ada maka Honda
Surabaya Center juga semakin ramai dikunjungi pelanggan yang masuk untuk servis. Dengan
kapasitas yang ada, Honda Surabaya Center memiliki permasalahan dalam hal waktu tunggu
pelayanan pelanggan serta lahan parkir yang terbatas.
Maka diperlukan tanggapan yang lebih serius dikarenakan hal ini dapat mengganggu jalannya
aktifitas di bengkel Honda Surabaya Center serta bisa menurunkan tingkat kepuasan pelanggan
dalam hal waktu tunggu servis. Melalui perancangan ini maka akan dilakukan perancangan
standar waktu acuan proses kerja serta perancangan papan kontrol kendaraan beserta atribut
pelengkapnya. Dengan adanya perancangan ini maka diharapakan terjadi perubahan yaitu
penurunan waktu tunggu pelayanan pelanggan pada divisi aftersales service Honda Surabaya
Center.


Keywords


Honda, Waktu Tunggu, Papan Kontrol Kendaraan

Full Text:

PDF

References


Halderman, James D., 2012, Automotive

Technology Principles, Diagnosis, and Service

(4th ed.). New Jersey: Pearson Education.

Honda Prospect Motor, 2014, Buku Garansi &

Perawatan. Jakarta: Honda Prospect Motor.

Honda Prospect Motor, 2009, Shop Manual

Honda City. Jakarta: Honda Prospect Motor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.