DESAIN SISTEM EXHAUST TOYOTA KIJANG INNOVA UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA

Joshua Kuntandi(1*), teng sutrisno(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan performa Toyota Kijang Innova Bensin dengan cara melakukan
modifikasi pada bagian exhaust. Bagian yang dimodifikasi meliputi header menggunakan konfigurasi 4-1,
kolektor, dan resonator. Dengan mendesain exhaust manifold dan kolektor yang lebih baik akan memperlancar
aliran gas buang dari mesin. Sehingga mampu membuat performa mesin mobil menjadi lebih baik daripada
sebelumnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mendesain header 4-1 dengan program Solidwork.
Kemudian hasil desain tersebut dilakukan simulasi aliran untuk mendapatkan nilai pressure drop di tiap pipa
silinder. Memodifikasi kolektor dengan menambahkan spike sehingga aliran udara lebih terarah. Mendesain
resonator dengan diameter disesuaikan dengan diameter pipa tailpipe. Pengujian dilakukan dengan dynotest
untuk mengetahui daya dan torsi mesin. Selain itu pengujian dilakukan dengan uji jalan untuk mengetahui
besarnya konsumsi bahan bakar.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan daya sebesar 3.8% dan torsi sebesar 3.9%. Hasil uji konsumsi bahan
bakar menunjukkan konsumsi lebih irit 0.3km/l dibandingkan kondisi standar.


Keywords


Toyota Kijang Innova, Saluran Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar, makalah, jurnal mechanova, teknik mesin.

Full Text:

PDF

References


Bell, A.G. (1981). Performance tuning in theory

and practice four stroke. England: Haynes

Publishing Group.

Bell, A.G. (1997). Modern Engine Tuning.

England: Haynes Publishing Group

Crouse, William H. (1959). Automotives

Engines. New York: McGRAW-HILL BOOK

COMPANY, INC.

Ekasaputra, D. (2015, September 21). Nissan

Serena Autotech begitu nyaman di jalan.

Autobild Indonesia. Retrieved September 27,

, from

http://www.autobild.co.id/read/2015/09/21/144

/47/14/Nissan-Serena-Autech-Begitu-Nyama

n-di-Jalan

Ellinger, H. E., & Halderman, J. D. (1991).

Automotive Engines (Theory & Servicing) (2nd

ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.

EngineBasics. (n.d.). Exhaust flow and tuning.

Retrieved September 27, 2015, from

http://www.enginebasics.com/Engine%20Basic

s%20Root%20Folder/Exhaust%20Flow.html

Eri, F. (2013, Desember 1). Hasil tes Mazda

Biante Skyactiv. Autobild Indonesia. Retrieved

September 27, 2015, from

http://test.autobild.co.id/read/2013/12/01/8988/

/14/Hasil-Tes-Mazda-Biante-Skyactiv

Febrian, A. (2013, Mei 29). Kijang Innova Vs

All New Grand Livina Vs All New Carens.

Andra Febrian Auto Blog. Retrieved September

, 2015, from

http://andra-febrian.blogspot.co.id/2013/05/kija

ng-innova-vs-all-new-grand-livina.html

Hassan, S.H., Iqbal, H.M., Mughal, U.N.,

(2014, November). Designing and simulation of

intake and exhaust manifold using sensor

bridging. 5th IEEE International Conference on

Cognitive Infocommunications. Retrieved

September 28, 2015, from Science Direct

database.

Kristanto, P. (2015). Motor bakar torak.

Yogyakarta: ANDI

Kristanto, P. (n.d.). Buku ajar motor bakar.

Surabaya: Universitas Kristen Petra

Kuswanto, H. (2014, September 28). Tes

Toyota Kijang Innova ke Gunung Pacir.

Autobild Indonesia. Retrieved September 27,

, from

http://www.autobild.co.id/read/2014/09/28/114

/63/19/Tes-Toyota-Kijang-Inova-ke-Gunung

-Pacir

Markel, A. (2000). Exhaust tuning 101: The art

of minimizing restriction & maximizing

horsepower. Babcox Publication, Inc. Retrieved

September 28, 2015, from

http://search.proquest.com/docview/212188610

?accountid=38628

Ordexhaust. (2014). More deep into headers 41

& 421. Retrieved September 27, 2015, from

http://ordexhaust.com/news-article/knowledge/

-vs-421/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.