DESAIN SISTEM EXHAUST TOYOTA KIJANG INNOVA UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan performa Toyota Kijang Innova Bensin dengan cara melakukan
modifikasi pada bagian exhaust. Bagian yang dimodifikasi meliputi header menggunakan konfigurasi 4-1,
kolektor, dan resonator. Dengan mendesain exhaust manifold dan kolektor yang lebih baik akan memperlancar
aliran gas buang dari mesin. Sehingga mampu membuat performa mesin mobil menjadi lebih baik daripada
sebelumnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mendesain header 4-1 dengan program Solidwork.
Kemudian hasil desain tersebut dilakukan simulasi aliran untuk mendapatkan nilai pressure drop di tiap pipa
silinder. Memodifikasi kolektor dengan menambahkan spike sehingga aliran udara lebih terarah. Mendesain
resonator dengan diameter disesuaikan dengan diameter pipa tailpipe. Pengujian dilakukan dengan dynotest
untuk mengetahui daya dan torsi mesin. Selain itu pengujian dilakukan dengan uji jalan untuk mengetahui
besarnya konsumsi bahan bakar.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan daya sebesar 3.8% dan torsi sebesar 3.9%. Hasil uji konsumsi bahan
bakar menunjukkan konsumsi lebih irit 0.3km/l dibandingkan kondisi standar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bell, A.G. (1981). Performance tuning in theory
and practice four stroke. England: Haynes
Publishing Group.
Bell, A.G. (1997). Modern Engine Tuning.
England: Haynes Publishing Group
Crouse, William H. (1959). Automotives
Engines. New York: McGRAW-HILL BOOK
COMPANY, INC.
Ekasaputra, D. (2015, September 21). Nissan
Serena Autotech begitu nyaman di jalan.
Autobild Indonesia. Retrieved September 27,
, from
http://www.autobild.co.id/read/2015/09/21/144
/47/14/Nissan-Serena-Autech-Begitu-Nyama
n-di-Jalan
Ellinger, H. E., & Halderman, J. D. (1991).
Automotive Engines (Theory & Servicing) (2nd
ed.). New Jersey: Prentice Hall, Inc.
EngineBasics. (n.d.). Exhaust flow and tuning.
Retrieved September 27, 2015, from
http://www.enginebasics.com/Engine%20Basic
s%20Root%20Folder/Exhaust%20Flow.html
Eri, F. (2013, Desember 1). Hasil tes Mazda
Biante Skyactiv. Autobild Indonesia. Retrieved
September 27, 2015, from
http://test.autobild.co.id/read/2013/12/01/8988/
/14/Hasil-Tes-Mazda-Biante-Skyactiv
Febrian, A. (2013, Mei 29). Kijang Innova Vs
All New Grand Livina Vs All New Carens.
Andra Febrian Auto Blog. Retrieved September
, 2015, from
http://andra-febrian.blogspot.co.id/2013/05/kija
ng-innova-vs-all-new-grand-livina.html
Hassan, S.H., Iqbal, H.M., Mughal, U.N.,
(2014, November). Designing and simulation of
intake and exhaust manifold using sensor
bridging. 5th IEEE International Conference on
Cognitive Infocommunications. Retrieved
September 28, 2015, from Science Direct
database.
Kristanto, P. (2015). Motor bakar torak.
Yogyakarta: ANDI
Kristanto, P. (n.d.). Buku ajar motor bakar.
Surabaya: Universitas Kristen Petra
Kuswanto, H. (2014, September 28). Tes
Toyota Kijang Innova ke Gunung Pacir.
Autobild Indonesia. Retrieved September 27,
, from
http://www.autobild.co.id/read/2014/09/28/114
/63/19/Tes-Toyota-Kijang-Inova-ke-Gunung
-Pacir
Markel, A. (2000). Exhaust tuning 101: The art
of minimizing restriction & maximizing
horsepower. Babcox Publication, Inc. Retrieved
September 28, 2015, from
http://search.proquest.com/docview/212188610
?accountid=38628
Ordexhaust. (2014). More deep into headers 41
& 421. Retrieved September 27, 2015, from
http://ordexhaust.com/news-article/knowledge/
-vs-421/
Refbacks
- There are currently no refbacks.