PERANCANGAN ELECTRONIC WEDGE BRAKE

Anthony Sugianto(1*), Ian Hardianto Siahaan(2),


(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini sebagian besar kendaraan menggunakan sistem hidrolik sebagai sistem pengeremannya.
Bila di tinjau dari perawatan dan jumlah komponen,sistem hidrolik memiliki banyak komponen dan
memiliki perawatan berkala yang banyak dan mahal selain itu sistem hidrolik adalah sistem yang
kotor jika terjadi kerusakan. Oleh karenanya skripsi ini digagas untuk membuat sistem rem yang
lebih praktis dan lebih mudah perawatannya. Sistem electronic wedge brake ini bekerja sesuai
dengan prinsip kerja jarum keras. Rancangan sistem electronic wedge brake ini menggunakan
motor power window sebagai penggerak utama. Dengan torsi sebesar 3 Nm motor ini dapat
menghasilkan gaya sebesar 154,36 lbf dan dapat menghentikan putaran roda dari kecepatan 80
km/jam hingga berhenti total dalam waktu 2,74 detik


Keywords


E-brake, electronic, pengereman, hidrolik, ulir

Full Text:

PDF

References


boltscience. (2016, July 10). screw. Retrieved

from boltscience:

http://www.boltscience.com/pages/screw6.htm

ELEKTRONIKA DASAR. (2016, march 24).

Jenis-Jenis Motor Listrik. Retrieved from

ELEKTRONIKA DASAR:

http://elektronika-dasar.web.id/jenis-jenis-moto

r-listrik/

PPGT. (2008). Sistem Rem. Malang: Pusat

Pengembangan Penataran Guru Teknologi

VEDC.

Robert L. Mott, P. (2004). Machine Elements in

Mechanical Design (4th ed.). Upper Saddle

River, New Jersey: Pearson Education Ltd.

Shingley, J. E., & Charles R, M. (2003).

Mechanical Engineering Design (6th ed.). New

York: McGraw-Hill.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.