STUDI KOEFISIEN DRAG PADA VARIASI BODI DAN POSISI DEFLEKTA BUS

Yonathan Setiawan(1*), Teng Sutrisno(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Masyarakat pada umumnya menggunakan transportasi massal sebagai mobilisasi baik antar kota maupun antar propinsi. Hal inilah yang mempengaruhi perkembangan karoseri dalam pembuatan bodi bus seperti deflekta bus. Oleh karena itu, penelitian ini membandingkan koefisien drag pada 3 model bodi bus dari sebuah karoseri kemudian dilanjutkan dengan optimasi posisi deflekta dan kondensor AC. Metode penelitian yang dilakukan simulasi 2 dimensi, untuk pengambilan model terbaik dan simulasi 3 dimensi untuk validasi uji wind tunnel menggunakan model skala 1:20 dan variabel kecepatan antara 16 m/s hingga 30 m/s dengan reynold number antara . Selanjutnya optimasi posisi deflekta dan kondensor menggunakan simulasi 2 dimensi. Hasil dari simulasi menunjukkan bahwa model yang terbaik dari karoseri laksana adalah model discovery. Hal ini terlihat bahwa memiliki koefisien drag terkecil yaitu 0,74 dibandingkan model all new legacy dan new proteus. Hasil optimasi menunjukkan bahwa posisi yang terbaik adalah deflekta pada posisi di depan dan kondensor AC di belakang dengan koefisien drag sebesar 0,72 dan terjadi penurunan 3 %  dari koefisien drag desain asal model discovery.

Keywords


bodi, aerodinamika, deflekta, koefisien drag, kondensor, bus.

Full Text:

PDF

References


Clancy, L.J. (1975). Aerodynamics. New York: Jhon Wiley and Sons, Inc.

Hartanto, A. S. (2005). Perancangan dan pembuatan mekanisme pengukuran gaya angkat dan gaya hambat untuk terowongan angin. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Raharjo, I. (2005). Perancangan dan pembuatan terowongan angin. Bachelor thesis, Petra Christian University.

Tjitro, S., & Aria, W. A. (1999). Perbaikan Karakteristik Aerodinamika pada Kendaraan Niaga. Jurnal Teknik Mesin, 1(2), 108-115.

Watts, A. (2009, November 5). Semi-truck Boat Tail Improves Fuel Efficiency 7.5%, 16 Desember 2014, http://wattsupwiththat.com/2009/11/05/semi-truck-boat-tail-improves-fuel-efficiency-7-5/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.