PERANCANGAN TURBIN KAPLAN PADA PINTU AIR GUNUNGSARI SUNGAI KALIMAS SURABAYA

Tulus Setiawan(1*), Teng Sutrisno(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Turbin air dikembangkan pada abad ke 19 dan digunakan secara luas untuk pembangkit tenaga listrik. Turbin kaplan merupakan salah satu jenis turbin reaksi yang prinsip kerjanya memanfaatkan energi kinetik air sebagai energi listrik tenaga air. Permasalahan pada saat ini adalah adanya potensi sungai Kalimas Surabaya yang memiliki energi kinetik tinggi (debit) namun head rendah, memungkinan untuk diaplikasikan turbin kaplan sebagai salah satu pembangkit listrik Micro-Hydro (PLMH). Menurut sumber data Tahun 2014 dari Perum .Jasa Tirta, sungai ini memiliki debit terendah pada nilai 5,21 m3/s dan head 4,8 m. Dari data tersebut potensi yang ada pada sungai tersebut sebesar 183,99 Kw.

                Pada penelitian ini turbin yang digunakan jenis kaplan dengan bentuk sudu menggunakan profile naca no 624, 387, dan 490. Jumlah sudu yang digunakan adalah 3 buah. Setelah mendapatkan koordinat sudu secara teoritis kemudian di lakukan analisa melalui simulasi dengan perangkat Computitional Fluid Dynamic (CFD). Dari hasil simulasi kemudian didapatkan karakteristik turbin dengan tambahan tip dan tanpa tip

                Hasil penelitian ini didapatkan bahwa turbin yang digunakan adalah jenis turbin kaplan dapat menghasilkan daya sebesar 83,87 watt. Untuk turbin prototype dapat menghasilkan daya sebesar 0,268 watt, sedangkan hasil simulasi prototype menghasilkan daya 0,31 watt.


Keywords


Turbin Air, Mekanika Fluida,Teknik Mesin.

Full Text:

PDF

References


Darmin. (1993). Perencanaan Turbin Air Kaplan Untuk Pembangkit Tenaga Listrik.Laporan Tugas Akhir. Jurusan Teknik Mesin Universitas Kristern Petra.

Frtiz Dietzel. (1980). TURBINEN, PUMPEN UND VERDICHTER Jerman : Vogel-Verlag, Wurzburg.

Yunus A.Cengel and Michael Boles. (1994) .Thermodynamics An Engineering Approach, Second Edition, McGraw-Hill,Inc.

S.L, C.A. Hall Dixon. 2010. Fluid Mechanics and Thermodynamics of Turbomachinery, 6th ed.Oxford, UK: Butterworth-Heinemann, Elsevier.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.