OPTIMASI SPOILER DENGAN BENTUK MULTI-ELEMENT AIRFOIL

Temmy Lukito(1*), Teng Sutrisno(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Aerodinamika pada dunia otomotif terus dikembangkan untuk menghasilkan kendaraan dengan konsumsi bahan bakar serendah mungkin. Kendaraan dengan konsumsi bahan bakar rendah cenderung sulit untuk dikendalikan pada kecepatan tinggi. Spoiler merupakan komponen aksesoris pada mobil yang bertujuan untuk menambah downforce sehingga kendaraan memiliki traksi lebih besar pada kecepatan tinggi dan lebih mudah untuk dikendalikan.

  Multi-element airfoil adalah dua atau lebih airfoil yang tersusun dan telah diaplikasikan pada pesawat terbang dan pada kendaraan Formula 1 dengan nama drag reduction system (DRS). Spoiler dengan bentuk inverted airfoil dilakukan optimasi untuk dijadikan inverted multi-element airfoil pada penelitian ini. Tahap pada penelitian ini adalah mengoptimasikan single element airfoil menjadi bentuk cut single element airfoil yang selanjutnya diproses menjadi multi-element airfoil.

Spoiler dengan bentuk multi-element airfoil memiliki nilai lift/drag yang lebih baik dibandingkan single element airfoil. Gaya drag mengalami penurunan dan gaya lift mengalami peningkatan pada spoiler dengan bentuk multi-element airfoil. Nilai lift/drag meningkat sebesar 52,7%, gaya lift meningkat sebesar 25,7%, dan gaya drag menurun sebesar 17,68%. Maka, spoiler dengan bentuk multi-element airfoil lebih baik diaplikasikan daripada spoiler dengan bentuk single element airfoil.


Keywords


spoiler, aerodinamika, airfoil.

Full Text:

PDF

References


Pakkam, Sriram S. (2011). High downforce aerodynamics for motorsports. Retrieved March 14, 2015, from http://repository.lib.ncsu.edu/ir/bitstrea m/1840.16/7256/1/etd.pdf.

Mosaad, M.A., Gaafary, M. El-Kilani, H. & Amin, I.A. (n.d.). Effect of airfoil chamber on WIG aerodynamic efficiency. Retrieved March 5, 2015, from http://academia.edu/5163992/Effect_of_Airfo il_Camber_on_WIG_Aerodynamic_Efficiency.

Pritchard, P.J. (2010). Fox and McDonald’s introduction to fluid mechanics 8th ed. New Jersey: John Wiley & Sons.

Chapra, S.C. & Canale R.P. (2010). Numerical method for engineers 6th ed. New York: McGraw-Hill.

Miller, Steven D. (2008, May). Lift, drag and moment of a NACA 0015 airfoil. Retrieved March 16, 2015, from http://smiller.sbyers.com/temp/AE5 10_03%20NACA%200015%20Airfoil.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.