PERANCANGAN SISTEM PENGAPIAN DUA BUSI PADA KENDARAAN HONDA GL PRO

Robby Arianto Salim(1*), Philip Kristanto(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Di zaman yang berkembang seperti sekarang , teknologi dibidang otomotif juga ikut berkembang secara cepat. Oleh karena itu penggunaan bahan bakar fosil untuk transportasi juga ikut meningkat secara pesat dibandingkan dengan zaman sebelum adanya alat transportasi yang menggunakan mesin pembakaran dalam. Diakibatkannya penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan, maka sekarang ini persediaan minyak bumi juga ikut menipis. Karena dari itu para produsen otomotif juga berlomba untuk berinovasi dalam membuat mesin yang hemat bahan bakar. Salah satu cara penghematan bahan bakar adalah membuat mesin yang menggunakan busi lebih dari satu persilindernya agar pembakaran lebih efisien . Dari sistem dua busi ini diharapkan jumlah penggunaan bahan bakar lebih hemat. Selain itu penelitian ini juga dapat mengetahui seberapa besar jumlah peningkatan performa setelah melakukan modifikasi pada mesin sepeda motor. Penelitian ini menggunakan alat chassis dynamometer untuk mengetahui perubahan performa sebelum dan sesudah modifikasi.


Keywords


Dua busi , Konsumsi bahan bakar , Chassis Dynamometer

Full Text:

PDF

References


How you crack NGK code. Retrieved June 7, 2015, from: https://www.ngk.de/fileadmin/templates/Dokumente/EN/downloads_not_used_in_download_area/ngk_zuendkerzen_code_en.pdf

Spesifikasi Honda GL Pro. Retrieved June 10 , 2015, from:

http://www.motorganteng.com/2013/12/spesifikasi-honda-gl-pro-neo-tech.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.