PERENCANAAN SIDESTAND AUTOMATIC UNTUK SEPEDA MOTOR

Michael Kusuma Hadi(1*), Willyanto Anggono(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Sidestand adalah suatu komponen penyangga yang berada dibagian samping sepeda motor dan berguna untuk menahan sepedamotor(motorcycle) pada posisi yang diinginkan saat parkir.Minimnya kondisi parkir yang tidak sesuai(kondisi area parkir miring) saat memarkir sepeda motor menyebabkan sepeda motor mudah roboh sehingga diperlukan desain sidestand yang sesuai dengan kondisi jalan (kondisi area parkir). Pada penelitian ini dilakukan pengembangan produk automatic sidestand yang didesain menyesuaikan kondisi area parkir miring yang tidak bisa mengunakan original sidestand karena memiliki panjang maximal yang tetap (fixed).Kondisi kemiringan yang tidak menentu pada setiap kondisi area parkir menyebabkan kendaraan mudah jatuh disebabkan terlalu miring/terlalu tegaknya sepeda motor sehingga dibutuhkan  sidestand yang dapat menyesuai terhadap kondisi jalan (automatic sidestand). Dengan adanya automatic sidestand pada sepeda motor, sepeda motor dapat berdiri dengan kondisi kemiringan area parkir yang bervariasi dikarenakan automatic sidestand dapat menyesuaikan ukuran panjang sidestand sesuai dengan kondisi area parkir dan dapat meyesuaikan ketinggian sidestand. Pada penelitian ini telah dilakukan pengembangan produk dengan Pugh’s concept selection method dan telah didesain automatic sidestand linier motor actuator yang dapat menyesuaikan kemiringan sepeda motor dengan sudut kemiringan yang diinginkan walaupun pada kondisi jalan yang tidak rata (miring) dan mempermudah pengguna kendaraan sepeda motor dalam mengoperasikan sidestand pada sepeda motor (melakukan proses parkir sepeda motor). Proses desain dengan menggunakan Pugh’s concept selection method sesuai dengan pendekatan sustainable product development atau pengembangan produk yang berkesinambungan, dapat mengurangi biaya, waktu serta penggunaan material.


Keywords


Sidestand, motorcycle, sustainable product development, Pugh’s concept selection method.

Full Text:

PDF

References


Beer, Ferdinand P. and Johnston, E Russel., Mekanika untuk Insinyur : Statika edisi keempat Penerbit Erlangga, Jakarta (1991)

Logan. Daryl L, A First Course in The Finite Element Method, PWS Publishing Company, Boston, (1996)

Deutschman, Aaron D, Machine Design Theory and Practice, Macmillan Publishing Co, Inc, New York, (1975)

Dobrovolsky. V, Zablonsky. K, Mak. S, Radchik. A and Erlikh. L, Machine Elements A Text Book, translated from the Russian by Troitsky. A, second printing, Peace Publishers, Moscow, (1982)

Hertzberg. W Richard, Deformation and Fracture Mechanics of Engineering Materials, third edition, John Wiley and Sonsst, (1986)

Singer Ferdinand. L; Strength of Materials, second edition, Harper and Row Publisher; New York, Evanston, and London, (1962)

Retrieved June 24, 2015, from http://mengapa-ini-terjadi.blogspot.com/2011/03/mengapa-produsen-sepeda-motor-memasang.html.

Hadi, mk. Perencanaan Sidestand Automatic Untuk Sepeda Motor, Universita Kristen Petra, 2015.

Logan, D.L., A First Course in The Finite Element Method, PWS Publishing Company, Boston, 1996.

Pugh, S., Creating Innovative Products Using Total Design, Addison-Wesley Publishing Company, Inc., USA, 1996.

Pugh, S., Total Design: Integrated Methods for Successful Product Engineering, Addison-Wesley Publishing Company, Inc., USA, 1991

Budinski, K.G., Engineering Materials Properties and Selection, Prentice Hall, USA, 2002.

Deutschman, A. D., Machine Design Theory and Practice, Macmillan Publishing Co, Inc, New York, 1975.

Denton Tom (1995),Automobile Electrical and Electronic System, Edward Arnold Division, London

Sutantra, I Nyoman (2001), Teknologi Otomotif, Teori dan Aplikasinya,Surabaya, Guna Widya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.