PERENCANAAN MESIN PEMISAH BERAS PUTIH DAN BERAS KUNING

Indra Cahyadi(1*), Suwandi Sugondo(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan negara agraris dengan penduduk berjumlah 250 juta jiwa. Makanan pokok penduduk negara Indonesia adalah beras. Hampir seluruh daerah di Indonesia terdapat tempat pengolahan beras. Dijaman yang modern ini kualitas beras haruslah semakin meningkat, umumnya masih sering ditemui beras-beras yang dijual dipasaran memiliki kandungan beras yang berwarna kuning.

Untuk itu perlu diadakan proses pemisahan antara beras putih dengan beras kuning agar nilai jual dari beras meningkat. Agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut maka perlu didesain sebuah mesin yang dapat memisahkan beras putih dengan beras kuning. Mesin ini dirancang dengan menggunakan kamera untuk mendeteksi beras berwarna dan menembaknya dengan udara bertekanan. Dengan adanya mesin ini diharapkan kualitas beras yang dijual dipasaran Indonesia dapat meningkat.


Keywords


Beras kuning, Beras putih, Mesin sortir warna beras.

Full Text:

PDF

References


Alrad Imaging, 2015, Light Considerations in Machine Vision, 4 Maret 2015, http://www.ukiva.org/pdf/alrad_lighting-considerations-in-machine-vision.pdf.

CVI Melles Griot, 2015, Fundamentals of Imaging and Machine Vision, 12 Maret 2015,http://q.hscott.net/reads/machine_vision_lens_ fundamentals.pdf

Hornberg, Alexander, 2006, Handbook of Machine Vision, Wiley-VCH Verlag GmbH & Co. KGaA.

Teledyne Dalsa, 2015, Understanding Line Scan Camera Application, 28 Mei 2015, http://www.inspect-online.com/file/track/7757/1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.