PERENCANAAN MESIN AUTO FEEDER PADA MESIN EKSTRUSI PLASTIK DI PABRIK PLASTIK PT. ARRGANI

Hansean Widjaja(1*), Suwandi Sugondo(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Material handling equipment adalah peralatan yang dgunakan untuk memindahkan muatan dari suatu tempat ke tempat lain dalam jarak dan arah tertentu. Material handling equipment sering digunakan dalam dunia industri. Salah satu jenis material handling equipment yaitu screw conveyor. Screw conveyor biasanya digunakan untuk mentrasnferkan jenis muatan curah seperti tepung, gula, biji plastik, gandum, dan lain – lain. Perencanaan screw conveyor ini bertujuan untuk meningkatkan proses produksi dari perusahaan PT. Arrgani. Kinerja dari mesin ini dapat dilihat dari hasil simulasi 3D yang dilakukan dengan menggunakan program solidworks. Hasil dari simulasi menunjukan bahwa mesin screw conveyor ini, mampu mendistribusikan biji plastik ke 12 hopper dari mesin injeksi yang ada di pabrik PT. Arrgani.


Keywords


material handling equipment, screw conveyor, 3D simulasi, solidworks

Full Text:

PDF

References


Spivakovsky, A., V. Dyachkov, Conveyor and Related Equipment. Translated by : Don Danemanis. Moscow : Peace Publisher, 1997.

Sularso, Kiyokatsu Suga., Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, Cetakan ke 7, Pradnya Paramita, Jakarta, 1991.

Messacar Julie dkk, (n.d.), Conveyors, 21 Juli 2015, http://encyclopedia.che.engin.umich.edu/Pages/TransportStorage/Conveyors/Conveyors.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.