PERENCANAAN ALAT BANTU PENGANGKAT DAN PEMINDAH KERTAS GULUNG

Anthony Angwin Lumanto(1*), Suwandi Sugondo(2),


(1) Petra Christian University
(2) Petra Christian University
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini, kebutuhan masyarakat dalam menggunakan kertas  semakin lama semakin meningkat, diikuti dengan tidak terkontrolnya perkembangan jumlah populasi penduduk. Tuntutan akan penggunaan kertas secara tidak sadar telah menimbulkan sebuah krisis yang menjadi sorotan dunia, di mana kertas merupakan sarana yang tergolong vital dalam kehidupan manusia.Kebutuhan kertas yang semakin meningkat membuat para pabrik kertas harus menaikan jumlah produksi agar dapat memenuhi permintaan pesanan. Semakin majunya teknologi membuat para industri berlomba-lomba untuk memenuhi target pasar. Oleh karenanya dibutuhkan alat yang dapat membantu proses produksi agar dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Salah satunya adalah dengan penggunaan Forklift, yang merupakan salah satu terobosan. Alat ini dipercaya mampu membantu industrian dalam menyelesaikan masalah permintaan pasar. Dibandingkan dengan cara manual, alat ini mampu membantu dalam meningkatkan efisiensi produksi.


Keywords


Efisiensi,Forklift, Kertas, Kualitas, Produksi

Full Text:

PDF

References


Beer,Ferdinand P., et al. Mechanics of Materials, Sixth Edition. McGraw-Hill Companies, Inc., 2012.

Callister, William D.Materials Science and Engineering, Seventh Edition.John Wiley & Sons, Inc., 2007.

Beer,Ferdinand P. and Johnston, E. Russell.Vector Mechanics for Engineers STATICS, Fourth Edition. McGraw-Hill Companies, Inc., 1984.

Sato, G. Takeshi dan Hartanto, N. Sugiarto. Menggambar Mesin menurut Standar ISO, Cetakan Keempat. Jakarta: Pradnya Paramita, 1989.

Deutschman, Aaron D., Michels, Walter J., and Wilson, Charles E. Machine Design Theory and Practice. Macmillan Publishing Co., Inc., 1975.

Sugondo, S. Elemen Mesin. Surabaya: Universitas Kristen Petra, 2011.

“Diktat Elemen Mesin II Teknik Mesin”. Yefrichan Files Wordpress. 7 April 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.