PERENCANAAN MEKANISME MESIN PEMISAH BIJI SEMANGKA

Januar Harnomo Kiantono(1*), Suwandi Sugondo(2),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia adalahnegara yang memilikiperkebunan yang sangatluas, terutamapertaniankita yang di kenaldunia, Semangka di Indonesia merupakansalahsatubuah yang mempunyaimanfaatganda.Manfaatitubisadiketahuibahwasemangkamempunyaibijidandaging, dimanabijidandagingtersebutmempunyaimanfaattersendiri.Bijisemangkadapatdigunakansebagaibibit.

Proses yang akandigunakansaatinidalammenghasilkanbibitsemangkaadalah manual dantingkatproduksibibitsemangkasangatsedikit, danjikamembelibibitunggul di tokotanamansangatlahmahal di bandingkanmemprosesbibitsemangka. Lagi pula jikakitabisamemisahkansecara manual yaitudengancaramembelahdanmemisahkanbijidengantenagamanusiamakaakanmenghabiskanbanyakwaktu.

Untukmempermudah proses pengerjaan, makadibuatsuatumekanisme yang dapatmempersingkatwaktuyaitudenganmembuatmesinpemisahbijisemangkadengankapasitas 241 Kg/jam dengankecepatanputaran Rpm 78


Keywords


Desain, Modifikasi, Alat/mesinpemisah,bijibuahsemangka..

Full Text:

PDF

References


Sularso, dan Kiyokatsu Suga (1978), (1991). Dasar perencanaan danpemilihan elemen mesin, 1nd ed, 7nd ed. PT. Pradnya Paramita – Jakarta.

Robert L.Mott (2009). P.E University of Dayton : Elemen-elemen mesindalam perancangan mekanis, perancangan elemen mesin terpadu, 1nd ed,2nd ed. ANDI – Yogyakarta.

G.Takeshi Sato, dan N. Sugiarto Hartanto (2008). Menggambar mesin


Refbacks

  • There are currently no refbacks.