APLIKASI UNTUK MENAMPILKAN 3D-MESH DENGAN SKELETAL ANIMATION PADA BOARD GAME

Kiat Stanley(1*), Liliana --(2), Gregorius Satia Budhi(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Animasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari video game. Animasi dalam video game bisa menghasilkan berbagai gerakan pada objek-objek dalam game. Game yang menggunakan animasi yang sangat minim akan menghasilkan kesan yang monoton. Sistem animasi pada pengembangan game tidak bisa dihiraukan.
Untuk dapat menghasilkan game dengan animasi yang baik, diperlukan sebuah metode untuk menganimasikan objek-objek dalam game. Salah satu metode yang digunakan adalah metode Skeletal Animation. Skeletal Animation adalah metode dimana pada sebuah objek diberikan kerangka sehingga objek bisa bergerak mengikuti kerangka dari objek.
Dengan menggunakan metode Skeletal Animation, bisa dihasilkan sebuah game dengan animasi yang menarik dan terkesan tidak monoton sehingga pengguna dapat menikmati permainan.


Keywords


Game; Animasi; Skeletal Animation

Full Text:

PDF

References


Zimmerman, E. (2004). Narrative, Interactivity, Play, and Games. In N. Wardrip-Fruin, & P. Harrigan, First Person: New Media as Story, Performance and Game (pp. 154-164). Massachusetts: MIT Press.

Esposito, N. (2005). A Short and Simple Definition of What a Videogame Is.

Walker, M. H. (2002). Strategy Gaming. Retrieved Desember 28, 2008, from GameSpy: http://archive.gamespy.com/articles/february02/strategy1/index.shtm

Saphiro, L., & Stockman, G. (2000). Computer Vision. Prentice Hall.

Feldman, A. (2000). Designing Arcade Computer Game Graphics. Wordware Publishing Inc.

Soriano, M. (2011). Skeletal Animation. Retrieved Januari 18, 2013, from http://alumni.cs.ucr.edu/~sorianom/cs134_09win/lab5.htm

Goldberg, A. V., Harrelson, C., Haim, K., & Werneck, R. F. (n.d.). Efficient Point-to-Point Shortest Path Algorithm. Retrieved 5 25, 2013, from Computer Science Department at Princeton University: http://www.cs.princeton.edu/courses/archive/spr06/cos423/Handouts/EPP%20shortest%20path%20algorithms.pdf

Bresenham, J. E. (1965). Algorithm for computer control of a digital plotter. IBM Systems Journal 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :