PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA TOKO KOMPUTER INFODATA COMPUTINDO

Agus Walinono(1*), Rudy Adipranata(2), Leo Willyanto Santoso(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Toko komputer Infodata Computindo adalah toko komputer yang bergerak di bidang penjualan, pembelian perangkat komputer dan handphone. Toko Infodata Computindo juga menerima jasa reparasi dan install ulang komputer. Toko Infodata Computindo memiliki masalah dalam pencatatan stok dan akuntansinya. Aplikasi ini dikembangkan dan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Studio 6.0 dan Microsoft SQL Server 2008 R2 untuk dbms-nya. Aplikasi yang dibuat memiliki ruang lingkup sebagai berikut: proses pembelian, penjualan, pelunasan hutang dan piutang, retur, pencatatan kartu stok, pencatatan transaksi jurnal umum, proses-proses akuntansi dan laporan keuangan yang meliputi jurnal umum, jurnal pembelian, jurnal penjualan, jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas. Hasil pengujian terhadap aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat secara otomatis memproses data akuntansi yang berhubungan langsung dengan proses pembelian, penjualan, jurnal umum, pembayaran hutang dan piutang serta servis. Tingkat akurasi, kesesuaian dan kelengkapan dari laporan keuangan yang dihasilkan aplikasi sangat memuaskan.

Keywords


Sistem Informasi Akuntansi; Sistem Penjualan; Sistem Pembelian

Full Text:

PDF

References


Hoffer, J. J. 2008. Modern System Analysis and Design(5th ed.). New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Kendall, K. E. & Kendall, K. J. 2008. System Analysis and Design (7th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Romney, Marshall B., Steinbart, P.J. 2009. Accounting Information System (11th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Weygandt, Jerry J., Donald E. Kieso, & Kimmel, P. D. 2008. Accounting Principles (8th). United States: John Wiley & Sons, Inc.

Bodnar, George H, Hopwood, William S. 2010. Accounting Information Systems (10th ed.). New York: Addison Wesley Longman, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :