AUDIT SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KRISTEN PETRA BERDASARKAN STANDAR CONTROL OBJECTIVES FOR INFORMATION AND RELATED TECHNOLOGY (COBIT 4.0)

Lucia Meita Rosalika(1*), Adi Wibowo(2), Ibnu Gunawan(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perpustakaan Universitas Kristen Petra yang berperan sebagai pusat layanan informasi bagi sivitas akademika tidak dapat lepas dari pengaruh teknologi informasi (TI). Untuk memastikan kelangsungan pelayanan informasi maka dibutuhkan sistem keamanan, pengelolaan data, pengelolaan masalah, dan pengelolaan lingkungan fisik yang memadai baik dari segi hardware maupun software. Ketergantungan ini mengakibatkan TI menjadi titik yang paling rawan dalam memastikan kelangsungan pelayanan informasi di perpustakaan. Dalam memastikan sejauh mana dukungan TI terhadap proses bisnis perpustakaan maka perlu diketahui seberapa baikkah kualitas layanan TI. Untuk mengukur kualitas layanan TI di perpustakaan dibutuhkan suatu proses audit.
Pada penelitian ini, dilakukan proses audit operasional untuk mengumpulkan data guna menunjang penilaian audit. Pedoman yang digunakan dalam mengukur aspek – aspek tingkat kedewasaan TI ialah COBIT 4.0 pada bagian delivery and support 4, 5, 10, 11, dan 12 yang terdiri dari pemastian kelangsungan layanan TI, pengelolaan sistem keamanan, pengelolaan masalah, pengelolaan data, dan pengelolaan lingkungan fisik di perpustakaan.
Penelitian ini menghasilkan temuan dan nilai tingkat kematangan TI di perpustakaan. Proses audit membantu perpustakaan dalam mengevaluasi kinerja layanan TI dan memberi masukan untuk perbaikan.


Keywords


Audit Software; COBIT; Metode Kualitatif

Full Text:

PDF

References


Purwono, Edi. (2004). Aspek – Aspek EDP Audit Pengendalian Internal pada Komputerisasi. Yogyakarta: ANDI.

Gondodiyoto, Sanyoto. (2007). Audit sistem informasi + pendekatan CobIT. Jakarta: Mitra Wacana Media.

IT Governance Institute. (2005). COBIT 4.0: IT Governance Institute.

Pederiva, Andrea. (2003). The COBIT Maturity Model in a Vendor Evaluation Case. Current issues in Information System Control Journal, Volume 3, 2003. http://www.isaca.org/Journal/Past-Issues/2003/Volume-3/Pages/The-COBIT-Maturity-Model-in-a-Vendor-Evaluation-Case.aspx

Object Management Group. (2008). Business Process Model and Notation Version 1.2. [pdf document]. Retrieved from http://www.omg.org/spec/BPMN/1.2/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :