PEMBUATAN AI UNTUK TURN-BASED STRATEGY GAMES MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE SPATIAL REASONING

Andreas Setiawan(1*), Gregorius Satia Budhi(2), Liliana --(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan game saat ini sangat pesat. Banyak sekali genre game yang beredar saat ini. Karena genre game yang bermacam-macam, jenis AI yang digunakan pun harus disesuaikan dengan kebutuhan game yang dituju. Turn-based strategy games merupakan salah satu genre game yang populer saat ini. Masalah yang muncul berkaitan dengan hal ini adalah banyak metode yang dapat digunakan untuk membuat AI game, tetapi belum dapat dipastikan apakah setiap metode dapat sesuai dengan semua jenis game. Tujuan dari skrpsi ini adalah untuk menguji kesesuaian metode Adaptive Spatial Reasoning dengan jenis game turn-based strategy.
Salah satu metode pembuatan AI untuk turn-based strategy games adalah Adaptive Spatial Reasoning. Metode ini menggunakan ADAPTA sebagai arsitekturnya, dimana arsitektur ini terdiri dari 2 layer, yaitu strategic layer dan tactical layer. Dimana strategic layer bertugas sebagai penghubung antara AI dan game. Sedangkan tactical layer bertugas untuk menentukan langkah yang akan diambil AI. Untuk metode pengambilan keputusan, banyak metode yang bisa diterapkan, salah satunya adalah metode rule based.
Dengan menggunakan metode ini, AI dapat menentukan langkah yang diambil dengan cepat. Dari hasil skripsi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Adaptive Spatial Reasoning pada turn-based strategy games sudah sesuai karena AI dapat berjalan dengan baik.


Keywords


Game; Adaptive Spatial Reasoning; Strategic Layer; Tactical Layer; Rule Based

References


Kittisak Portisartra and Vishnu Kotrajaras. (2010). Towards an Evenly Match Opponent AI in Turn-based Strategy Games, 3rd IEEE International Conference on Computer Science and Information Technology (ICCSIT).

Lior Rokach and Oded Maimon. (2005). Decision Trees.

M Sasikumar, S Ramani, S Muthu Raman, K S R Anjaneyulu, R Chandrasekar. (2007). A Practical Introduction to Rule Based Expert Systems.

Mat Buckland. (2005). Programming Game AI by Example.

Maurice Bergsma and Pieter Spronck. (2008). Adaptive Spatial Reasoning for Turn-based Strategy Games, Proceedings of the Fourth Artificial Intelligence and Interactive Digital Entertainment Conference.

Paul Tozour. (2002). The Evolution of Game AI, AI Game Programming Wisdom.

Wikipedia. (2012). Retrieved Januari 21, 2013 from http://en.wikipedia.org/wiki/Turn-based_strategy


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :