PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PSIKOTES EKSPLORASI KARIR DAN TES MINAT JABATAN PADA PUSAT KARIR UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Ian Michel Kabinani(1*), Silvia Rostianingsih(2), Lily Puspa Dewi(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Layanan Psikotes pada Pusat Karir UK Petra sangat membantu para fresh graduate yang hendak mencari posisi yang tepat sesuai minat, bakat dan jurusannya. Namun, penanggung jawab layanan psikotes sering mengalami kesulitan dalam mengelola hasil psikotes yang dikerjakan oleh para peserta tes, dikarenakan masih menggunakan proses manual.
Melalui Penelitian ini, penulis ingin membantu membuatkan suatu aplikasi psikotes untuk membantu Staf Pusat Karir dalam mengelola hasil psikotes manual. Dengan adanya aplikasi ini para pencari pekerjaan khususnya mahasiswa UK Petra dapat mengetahui posisi pekerjaan yang tepat ketika lulus dari UK Petra.
Hasil yang diperoleh dari aplikasi yang telah dibuat antara lain, dapat menyimpan data pendaftaran peserta tes, jadwal tes, soal Tes Eksplorasi Karir dan Minat Jabatan beserta hasilnya serta dapat menjalankan aplikasi psikotes Eksplorasi Karir dan Tes Minat Jabatan sesuai dengan apa yang diinginkan. Aplikasi juga dapat membuat dan menampilkan laporan kwitansi, laporan keuangan, rekapitulasi peserta per tahun, form pendaftaran peserta.


Keywords


Aplikasi Psikotes; Eksplorasi Karir; Minat Jabatan

Full Text:

PDF

References


"Mengenal dan memahami psikotes lebih jauh". Sinergi Optima. 2009. 10 Maret 2010 from http://sinergioptima.wordpress.com/2009/04/24/mengenal-dan-memahami psikotes-lebih-jauh/.

Darmodjo, Djoemadi. 1995. Tes Minat Jabatan. Malang: IKIP Malang.

McLeod, Raymond, Jr. (2001). Management Information System (8th ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Laudon, C. Kenneth & Jane P.Laudon. (2003). Management Information System 8th Edition. United States of America: Prentice-Hall, Inc.

Osipow Samuel H . 1983 . Theories of Career Development. New Jersey. Prentice Hall, Inc.

Sukardi, Dewa Ketut. 1993. Psikologi pemilihan karier. Jakarta: Rineka Cipta.

Englewood Cliffs Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :