ANALISIS DAN PERANCANGAN E-MARKETING PADA PB.SAMI JAYA

Peter Tannunggal(1*), Yulia --(2), Ibnu Gunawan(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan Internet dalam dunia bisnis pada saat ini sudah menjadi tren yang mengglobal baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar, semuanya memanfaatkan Internet sebagai media untuk mengenalkan bisnisnya pada cakupan yang lebih luas. Tidak dipungkiri bahwa dengan Internet segala informasi bisa menyebar dengan cepat. Hal ini terbukti pada saat ini banyak tenaga pemasar yang memanfaatkan Internet sebagai media yang ampuh untuk melakukan kegiatan pemasaran, misalnya dengan memanfaatkan Facebook maupun Blogger.
Tujuan dari pembuatan Skripsi ini adalah untuk menunjukkan bahwa untuk melakukan kegiatan e-marketing tidak hanya sekedar membuat Website atau akun Facebook, namun disarankan untuk melakukan kegiatan analisis terlebih dahulu. Meskipun benar apabila adanya kegiatan analisis akan memakan waktu lebih banyak namun aplikasi Web yang dihasilkan hasilnya akan lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau organisasi. Aplikasi e-marketing ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web seperti HTML, PHP dan CSS serta menggunakan database dengan bahasa MySQL.
Dari hasil perancangan, implementasi dan pengujian Website aplikasi e-marketing, dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik dan 78% dari 9 responden yang berpartisipasi dalam pengujian merespon dengan positif.


Keywords


Harga Pokok Produksi E-business; E-marketing; Website

Full Text:

PDF

References


Kotler, Philip & Gary Armstrong (2001). Principles of Marketing. 9th Edition. Prentice Hall, Inc, New Jersey.

Mohammed, Rafi et. al. (2003). Internet Marketing : Building Advantage in A Networked Economy.2nd Ediiton. McGraw Hill, New York.

Kalakota, Ravi, Robinson, Marcio. (2001). E-business 2.0 : Road Map for Success. Addison – Wesley, Canada.

Strauss, Judy., El-Ansary, Adel & Frost, Raymond (2003). E-Marketing. 5th Edition. Prentince Hall, Inc, New Jersey, USA.

Chaffey, Dave (2007). E-Business and E-Commerce Management 3rd Edtion. Prentice Hall, England.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :