PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI TRACKER POSITION DAN ALERT PADA MOBILE DEVICE BERBASIS ANDROID YANG DAPAT DIPANTAU VIA WEBSITE

Anton Wahyudi(1*), Justinus Andjarwirawan(2), Andreas Handojo(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini jaman sudah sangat maju terutama di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sehingga menjadikan hubungan antar manusia menjadi lebih dekat dan mudah serta tidak dibatasi oleh jarak karena adanya device atau smartphone yang semakin canggih dan popular. Android merupakan salah satu sistem operasi yang ditanamkan dalam device dan smartphone tersebut. Menyadari semakin pentingnya device tersebut untuk menunjang aktivitas sehari - hari maka dibuatlah aplikasi untuk melacak serta mengontrol device yang dapat dilakukan oleh pemilik apabila terjadi kehilangan.
Aplikasi ini dapat mengambil lokasi geografis pada device. Informasi posisi yang dihasilkan dapat digunakan untuk memantau serta mencari device jika terjadi kehilangan dan didukung dengan fitur – fitur untuk mengontrol device dari jarak jauh melalui suatu website atau dengan mengirimkan SMS, sehingga membantu mempermudah pemilik untuk mencari keberadaan device tersebut.
Informasi posisi yang didapat dari GPS / A-GPS pada device akan ditampilkan pada website menggunakan Google Maps. Dari hasil pengujian, informasi posisi dipengaruhi oleh ketersediaan layanan operator, kekuatan sinyal operator, dan ketersediaan kemampuan device.


Keywords


Location based service; Tracker; Android

Full Text:

PDF

References


Safaat, Nazruddin. (2011). Pemrograman aplikasi mobile smartphone dan tablet pc.

Meier, Reto (2009). Professional Android™ Application Development.

Zakas, N. C. , Fawcett, J. & McPeak, J. (2007) . Proffesional ajax (2nd ed). Indianapolis: Wiley Publishing, Inc.

Rogers, Rick; Lombardo, John; Mednieks, Zigurd; Meike, Blake (2009). Android Application Development.

Android. (2006). Software Development Kit Retrieved January 10, 2013, from http://developer.android.com/google/gcm/index.html. [6] Amri, Syaiful. (2011). Membangun Sistem Navigasi di Surabaya Menggunakan Google Maps API. Retrieved October 23, 2012, from www.eepis-its.edu/uploadta/downloadmk.php?id=1563.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :