Pembuatan Game Simulasi Perkebunan, Peternakan dan Interaksi Sosial

Elvino Shangdarma Wijaya(1*), Silvia Rostianingsih(2), Kartika Gunadi(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri game adalah salah satu bidang usaha yang sangat diminati saat ini. Peminat dari industri game tidak hanya terbatas pada pengembang komputer dan konsol, melainkan juga pengembang mobile. Perkembangan industri game sangat pesat dengan banyaknya studio game yang dibuka di seluruh wilayah di Indonesia.
Pembuatan game dimulai dengan pembelajaran tentang bahasa Actionscript 3.0. Tahap selanjutnya adalah merancang mekanisme dan karakter game. Penelitian Hans Kristian Wijaya juga dipelajari sebagai acuan dari pembuatan game. Game ini dibuat menggunakan Adobe Flash CS3 dengan Actionscript 3.0.
Hasil akhir dari game ini adalah sebuah permainan simulasi perkebunan dan peternakan seperti pada penelitian Hans Kristian Wijaya, namun diimbuhi dengan interaksi sosial dengan para NPC. Fitur-fitur lain seperti memancing, mengambil barang acak, menambang dan pemandian air panas juga ditambahkan pada game ini. Penyederhanaan isi dari penelitian Hans Kristian Wijaya juga diaplikasikan dalam game ini agar dapat dimainkan pada komputer dengan spesifikasi rendah.


Keywords


Game Flash; Game Simulasi; Actionscript3.0

Full Text:

PDF

References


Anggra. 2008. Memahami Teknik Dasar Pembuatan Game berbasis Flash. Yogyakarta:Gava Media .

Radion, Kristo.2009. Ultimate Game Design.Yogyakarta: Penerbit Andi

Radion, Kristo .2012.Easy Game Programming using Flash and ActionScript 3.0.Yogyakarta: Penerbit Andi

Wijaya, Hans Kristian.2011. Pembuatan Game Pertanian dan Peternakan.

Nugroho, Andi Taru.2011. Konsep dan Pemrograman Graphical User Interface pada Game. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :