PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI BIJI PLASTIK PADA PD.X DENGAN METODE JOB COSTING

Fandi Tangradi(1*), Yulia --(2), Alexander Setiawan(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


PD. X merupakan perusahaan yang memproduksi biji plastik, yaitu mengolah sampah plastik bekas menjadi biji plastik. Semua pencatatan terkait pembelian bahan baku, penjualan, dan persediaan dicatat secara manual. Dalam menentukan harga pokok produksi, terkadang owner melakukan perhitungan berdasarkan estimasi harga pokok produksi atau terkadang melakukan perhitungan dengan menggunakan Microsoft Excel. Apabila melakukan perkiraan, owner kadang tidak terlalu memperhatikan biaya overhead. Perhitungan harga pokok produksi secara akurat merupakan hal yang penting karena hal ini membantu perusahaan untuk memastikan harga jual yang telah ditetapkan dengan menutup semua biaya yang digunakan. Perhitungan secara manual tentunya dapat meningkatkan kemungkinan perhitungan harga pokok produksi yang tidak akurat.
Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, maka dirancang sebuah aplikasi untuk melakukan perhitungan Harga Pokok Produksi dengan menggunakan metode Job Costing. Hasil yang diperoleh dari aplikasi yang telah dibuat, yaitu 66,67% user menilai baik dari segi desain interface aplikasi, 66,67% user menilai baik dari segi kemudahan dalam pemakaian aplikasi, 66,67% user menilai baik dari segi kelengkapan informasi yang dibutuhkan perusahaan, 100% user menilai baik dari segi keakuratan informasi dan data, dan 100% user menilai baik dari segi kesesuaian program dengan kebutuhan perusahaan.


Keywords


Biji Plastik; Harga Pokok Produksi; Job Costing

Full Text:

PDF

References


Kardinata, A. (2000). Akuntansi dan Analisis Biaya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Mulyadi. (2007). Akuntansi biaya (5th Ed). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Weygandt, Jerry J., Kieso, Donald E. & Kimmel,Paul D. (2007). Accounting Principles Eight Edition. John Wiley & Sons,Inc.

Whitten, Jeffrey L., Bentley, Lonnie D. (2007). System Analysis and Design Methods (7th ed.) California: McGraw-Hill.

Romney, Marshall B & Steinbart, Paul J. (2003). Accounting Information System. (9th ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :