PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN IMPORTIR PT.X

Loenardi --, Yulia --, Alexander Setiawan

Abstract


PT.X adalah unit usaha yang bergerak di bidang perdagangan ban dan velg yang berlokasi di Surabaya Provinsi Jawa Timur. Dalam kegiatannya sehari-hari PT. X masih menerapkan sistem manual dalam proses pencatatan transaksi dan menentukan laba rugi. Hal ini menyebabkan proses penghitungan berjalan lambat dan kurang akurat jika dibandingkan dengan menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Oleh karena itu PT. X membutuhkan sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi, dengan harapan dapat mengatasi masalah yang dihadapi. Perancangan desain sistem menggunakan Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram. Program menggunakan MySQL Server sebagai database, dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Transaksi meliputi transaksi pemesanan pembelian, penerimaan pembelian, pemesanan penjualan, penjualan, penyesuaian stok, penjualan barang bekas, retur penjualan, pengganti retur penjualan, serta pembuatan jurnal secara otomatis.

Keywords


Ban dan velg; Sistem Informasi Akuntansi; Jurnal

Full Text:

PDF

References


Romney,Marchall B. and Steinbort, Paul John (2009). Accounting information system (11th ed.) Upper Saddle River New Jersey : Prentice Hall.

Weygant, Jerry J. and Keiso , Donald E. and Kimmel, Paul D. (2008). Accounting principles (8th ed.) New York : John Wiley & Sons, Inc.

Fatta, Hanif. (2009). Rekayasa Sistem Pengenalan Wajah. Yogyakarta: PT. ANDI Indonesia.

Hall , James. (2007). Sistem Informasi Akuntansi Edisi 4. Diterkemahkan oleh: Dewi Fitriasari dan Deny Amos Kwary. Jakarta: Salemba Empat.

Kieso, Weygandt, Warfield. (2010). Intermediate Accounting (13th ed). New York: Johm Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :