Pembuatan Aplikasi Group Buying Berbasis Mobile

Andreas Gilbert Halim, Alexander Setiawan, Anita Nathania Purbowo

Abstract


Berbelanja adalah suatu aktivitas yang pasti dilakukan oleh setiap orang, mulai dari berbelanja kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier. Dalam berbelanja, akan lebih baik apa bila dapat mendapatkan harga semurah mungkin. Terkadang hal ini, dapat dicapai dengan melakukan pembelian dengan jumlah banyak, sehingga mendapatkan potongan harga. Dengan berkembangnya teknologi saat ini, berbelanja dapat dilakukan secara online sehingga, tidak perlu datang ke toko atau ke tempat berjualan tersebut. Tetapi, dengan berbelanja online mencari penjual yang memberi harga borongan merupakan hal yang tidak mudah.
Karena itu dibutuhkan sebuah aplikasi untuk membantu pembeli mendapatkan harga borongan, maka dirancang sebuah aplikasi Group Buying berbasis Mobile yang memiliki fitur seperti notifikasi, reviewdan diskusi, wishlist, pencarian, dan join group buying untuk mendapatkan harga borongan
Hasil yang diperoleh dari aplikasi dan website yang dikerjakan adalah sebanyak 62,5% user menilai aplikasi memiliki fitur yang lengkap, 68,8% user menilai aplikasi memiliki desain yang sangat baik, dan 68,8% user menilai aplikasi sangat mudah digunakan.


Keywords


Group Buying; Wholesale; Shopping; Android

Full Text:

PDF

References


Ackerman, D. and Tellis, G. 2001 Can culture affect prices? A cross-cultural study of shopping and retail prices, Journal of Retailing, Vol. 77, No. 1, pp.52-82.

Areddy, J.T. 2006 Chinese Consumers Overwhelm Retailers with Team Tactics [online] http://online.wsj.com/article/SB114106170222284388.html (retrieved: 2 June 2018)

Bustami. 2014. Penerapan Algoritma Naïve Bayes Untuk Mengklasifikasi Data Nasabah Asuransi, Jurnal Informatika, Vol. 8, No. 1, pp.885-886

Franklin, Jack. 2013. Beginning jQuery. New York: Apress.

Kama. 2018 Inilah Tren E-Commerce 2018 di Indonesia, Menurut Toko Online ini. http://nextren.grid.id/read/0124363/inilah-tren-e-commerce-2018-di-indonesia-menurut-toko-online-ini?page=all (Retrieved: 30 Mei 2018)

Sahu, S.P., Nautiyal, A., Prasad, M. (2017). Machine Learing Algorithms for Recommender System – a comparative analysis, International Journal of Computer Applications Technology and Research, Vol. 6, No.2.

Tina R. Patil, S.S. Sherekar, 2013. Performance Analysis of Naïve Bayes and J48 Classification Algorithm for Data Classification, International Journal of Computer Science and Applications, Vol. 6, No.2, April 2013.

Ridwan, Mujib, Hadi Suyono dan M. Sarosa. 2013 Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik

Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier, Jurnal EECIS, Vol. 7, No. 1, pp.61

Stulec, Ivana dan Kristian Petljak. 2013. The research on buying behaviour among group buyers: the case of Croatia.4(4):384-386


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :