Penerapan Fuzzy Control untuk Pengereman Kereta dalam Simulation Game

Reinaldo Julaidi, Rolly Intan, Rudy Adipranata

Abstract


Penelitian mengenai pengereman kereta telah banyak dilakukan. Sebagai contoh, Wahyudi melakukan penelitian perhitungan pengereman kereta berupa kecepatan dengan Fuzzy. Yulianti melakukan penelitian pengereman kereta berupa kecepatan dan jarak dengan Fuzzy, dan di simulasikan. Namun, penelitian yang dilakukan masih belum menyesuaikan dengan keadaan kereta sesungguhnya saat dilakukan pengereman.

Karena itu, dalam skripsi ini akan dibuat sebuah game dengan genre Simulation Game dengan AI untuk mensimulasikan pengereman kereta. Pengereman kereta yang dilakukan menggunakan Fuzzy Control dimana akan melakukan pengererman berdasarkan setiap Fuzzy rules dengan menggunakan metode Mamdani dengan kecepatan, massa, dan jarak sebagai Fuzzy Input.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa kereta dapat berhenti di tujuan dengan melakukan pengereman yang dilakukan oleh Fuzzy Control dengan perlahan hingga berhenti di tujuan dengan menggunakan Fuzzy Inference Engine yang melakukan proses untuk menghasilkan setiap tindakan keputusan kekuatan pengereman kereta.


Keywords


Fuzzy Logic Controller; Pengereman Kereta; C#; Unity

Full Text:

PDF

References


Abrori, M. & Prihamayu, M.A. 2015. Aplikasi Logika Fuzzy Metode Mamdani dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Bria, Y.P. 2012. Pengembangan Aplikasi Fuzzy Logic Controller Untuk Pengereman Kereta Api di Stasiun dan Simulasinya. Yogyakarta: Universitas Katolik Widya Mandira.

Buckland, M. 2005. Programming Game AI by Example. Plano: Wordware Publishing, Inc.

Dernoncourt, F. 2013. Introduction to Fuzzy Logic. Cambridge: Massachusetts Institute of Technology.

Lidianto, S.V., Budhi, G.S. & Intan, R. 2016. Perancangan dan Pembuatan Action Game dengan Artificial Intelligence dan Machine Learning. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Vijayaraghavan, G. & Jayalakshmi, M. 2015. A Quick Review on Applications of Fuzzy Logic in Waste Water Treatment. International Journal for Research in Applied Science & Engineering Technology, Vol 3 Issue V, pp 421-425.

Wahyudi. 2005. Implementasi Fuzzy Logic Controller pada Sistem Pengereman Kereta Api. Semarang: Jurusan Teknik Elektro – FT Undip.

Wijaya, E.S.K. 2013. Pembuatan Game Simulasi Perkebunan, Peternakan, dan Interaksi Sosial. Surabaya: Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :