PEMBUATAN APLIKASI ANALISA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENENTUAN HARGA PENJUALAN

Finna Octavia Musalim, Leo Willyanto Santoso, Alexander Setiawan

Abstract


Perusahaan X merupakan perusahaan yang menjual flashdisk merk Win-Flash. Pada saat ini pencatatan data transaksi pembelian dan penjualan serta pencatatan stok barang dilakukan secara manual sehingga rentan terjadi kesalahan. Demikian pula dengan proses menentukan harga penjualan hanya dengan memperkirakan berapa harga yang dijual kepada customer.
Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, maka dirancang sistem Pendukung Keputusan dalan Penentuan Harga Penjualan. Proses perancangan sistem dari aplikasi ini melalui beberapa tahap, dimulai dengan melakukan survei sistem penjualan dan pembelian perusahaan, analisa data dan merancang Data Flow Diagram dan Entity Relationship Diagram dari aplikasi yang akan dibuat. Proses pembuatannya menggunakan Microsoft Visual Studio .Net sebagai bahasa pemrogramannya dan Microsoft SQL Server sebagai database. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Harga Penjualan dilakukan dengan menggunakan metode Multiple Linear Regression.
Hasil yang diperoleh dari aplikasi yang telah dibuat antara lain, dapat menyimpan seluruh data yang berkaitan dengan proses pembelian dan penjualan secara otomatis, kartu stok yang dapat terupdate secara otomatis, serta analisis yang membantu menentukan harga penjualan.


Keywords


Penjualan; Pembelian; Multiple Linear Regression

Full Text:

PDF

References


Oetomo, Budi Sutedjo Dharma (2006). Perancangan & Pembangunan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

Turban, Efraim., Aronson, Jay E., Liang, Ting Peng., & Sharda, Ramesh. (2007). Decision Support and Business Intelligence System Eight Edition. Prentice Hall.

Kurniawan, Deny. (2008). Regresi Linier, Vienna, Austria: R Foundation for Statistical Computing

Romney, M.B. & Steinbart, P.J. (2012). Accounting information system. New Jersey : Prentice Hall.

Marcus, Teddy. (2004). Delphi Developer dan SQL Server 2000. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :