Penggunaan Kurva Lagrange untuk Memperhalus Permukaan Mesh pada Metode Ray Tracing

Ferdi Atmaja Wong Susilo(1*), Liliana --(2), Gregorius Satia Budhi(3),


(1) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(2) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(3) Program Studi Teknik Informatika Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi, hampir semua game dan animasi berpindah dari berbasis 2D menjadi 3D. Ray tracing merupakan metode rendering untuk menghasilkan simulasi tampilan 2D dari objek 3D. Ray tracing memperhitungkan efek pencahayaan dan pencerminan pada setiap face objek mesh. Hal ini menyebabkan pewarnaan face berlangsung lama dan mesh yang digunakan terkadang menghasilkan gradasi warna permukaan yang kasar.
Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, digunakan lagrange curve yang memanfaatkan vektor normal dari interpolasi ketiga vektor pembentuk segitiga. Untuk mendapatkan vektor normal yang bervariasi di dalam face, digunakan lagrange curve dari face tetangga di ketiga sisi segitiga. Setelah itu dilakukan proses rendering, dimana vektor normal yang dihasilkan lagrange curve akan menghasilkan gradasi warna permukaan yang lebih halus.
Pengujian dilakukan dengan membandingkan hasil metode lagrange curve dengan metode subdivision dan ray tracing biasa. Waktu yang dibutuhkan untuk proses ray tracing dengan lagrange curve meningkat sebesar 23,96% dibandingkan ray tracing biasa, namun lebih cepat dari metode subdivision (383,71%). Dalam pemakaian memory, lagrange curve mengalami peningkatan paling besar, yaitu 51,23% dibandingkan ray tracing biasa, sedangkan subdivision (6.34%). Lagrange curve menghasilkan gradasi warna permukaan yang lebih halus dibandingkan dengan ray tracing biasa dan metode subdivision.


Keywords


Lagrange Curve; Ray Tracing; Rendering

Full Text:

PDF

References


Alani, T.F., Bedan, A.S. 2008. 3D Surface Generation Algorithm Using Lagrange Basis Functions in CAD/CAM Application.

Benthin, C., Boulos, S., Lacewell, D., Wald, I. 2007. Packet-based Ray Tracing of Catmull Clark Subdivision Surfaces.

Bozorgmanesh, A.R., Otadi, M., Kordi, A.A.S., Zabihi, F., Ahmadi, M.B. 2009. Lagrange Two-Dimensional Interpolation Method for Modeling Nanoparticle Formation during RESS Process. IJIM.

Liliana. 2006. Memperhalus Permukaan Obyek Mesh yang Dirender Dengan Menggunakan Ray Tracing. Prosiding Seminar Nasional Transformasi Teknologi Untuk Peningkatan Kualitas Hidup Manusia Universitas Teknologi Yogyakarta.

Shirley, P., Marschner, S. 2010. Fundamentals of Computer Graphics 3rd Edition. Taylor and Francis Group, LLC.

Wald, I., Slusallek, P., Benthin, C., Wagner, M. 2001. Interactive Rendering with Coherent Ray T racing. Computer Graphics Group: Saarland University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :