Simulasi Cockpit View Pesawat Terbang

Hans Juwiantho(1*), Gregorius Satia Budhi(2), Liliana -(3),


(1) Informatics Department,PCU
(2) Informatics Department,PCU
(3) Informatics Department,PCU
(*) Corresponding Author

Abstract


Banyak orang yang berkeinginan untuk mencoba menerbangkan pesawat terbang, tetapi dalam dunia nyata, tidak mungkin seseorang menggunakannya hanya untuk ingin tahu bagaimana rasanya mengemudikan pesawat terbang. Hal tersebut dikarenakan dibutuhkannya izin untuk dapat menerbangkan pesawat terbang. Selain itu banyak resiko kecelakaan yang dapat terjadi saat menerbangkannya.
Dengan menyediakan simulasi Cockpit View pesawat terbang dengan interface tiga dimensi yang dibuat semirip dengan dunia nyata, akan membantu orang yang berkeinginan untuk menerbangkan pesawat terbang merasakan berada pada kokpit pesawat terbang. Joystick sebagai kontrol kemudi akan membuat pengguna seperti menggunakan kontrol kemudi pada pesawat terbang. Dalam penggunaan joystick diperlukan Simple Directmedia Layer (SDL) sebagai library untuk membaca dan menerima input yang dihasilkan dari joystick.
Aplikasi ini akan menghasilkan data training yang nantinya akan dilatihkan pada Neuro-Fuzzy tipe MIMO Takagi Sugeno (NFTS) atau Jaringan saraf tiruan jenis lain. Hasil dari data training nantinya akan digunakan untuk mengontrol gerakan dari Massively Actuator Array using Artificial Intelligence (MA3I).

Keywords


Joystick, Simple Directmedia Layer, Cockpit view

Full Text:

PDF

References


Pedersen, R. E. (2003). Game Design Foundations. In R. E. Pedersen, Game Design Foundations (p. 26). Wordware Publishing, Inc.

Adams, E. (2010). Fundamental of game design. In E. Adams, Fundamental of game design (p. 2).

Great Change. (2014, March 3). Retrieved from Great Change: http://greatchange.wordpress.com/2012/05/11/sistem-gerak-pesawat-terbang/

Administration, F. A. (2013). Pilot's Handbook of Aeronautical Knowledge. In F. A. Administration, Pilot's Handbook of Aeronautical Knowledge (pp. 5-1 - 5-12). Skyhorse Publishing, Inc.

Lazy Foo' Productions. (2014, April 1). Lazy Foo. Retrieved from Lazy Foo: http://lazyfoo.net

Torus Knot Software Ltd. (2014, march 17). Retrieved from Torus Knot Software Ltd: www.ogre3d.org


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :