IMPLEMENTASI KATALOG BERSAMA UNTUK DISTRIBUSI KOLEKSI FISIK DAN KOLEKSI DIGITAL PADA PERPUSTAKAAN BINAAN YAYASAN TRAMPIL

Sugiarto -(1*), Lily Puspa Dewi(2), Andy Febrico Bintoro(3),


(1) Informatics Department,PCU
(2) Informatics Department,PCU
(3) Informatics Department,PCU
(*) Corresponding Author

Abstract


Implementasi Sistem Informasi Perpustakaan untuk Mengelola Koleksi Fisik dan Koleksi Digital pada Perpustakaan Binaan Yayasan TRAMPIL.
Yayasan TRAMPIL bergerak dalam bidang pendidikan yang membantu guru yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sehingga memenuhi standar kualitas guru berdasarkan aturan dari pemerintah. Yayasan TRAMPIL memberikan fasilitas perpustakaan bagi peserta yang mengikuti program pendidikan sehingga dapat meminjam buku yang ada. Perpustakaan yang masih tidak terkomputerisasi membuat yayasan ini kesulitan dalam mendistribusikan koleksi yang dimiliki.
Berdasarkan kebutuhan yang dibutuhkan oleh yayasan tersebut maka sistem infomasi perpustakaan yang berbasis web diperlukan dalam membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Sistem ini digunakan untuk membantu Yayasan TRAMPIL untuk mengelola koleksi yang dimiliki sehingga koleksi-koleksi tersebut dapat dilihat oleh perpustakaan binaan lainnya.
Hasil yang diberikan dengan penggunaan sistem ini adalah membantu dalam pengolahan koleksi yang dimiliki. Membuat pendistribusian koleksi menjadi lebih mudah terutama koleksi digital bagi perpustakaan lainnya.

Keywords


Perpustakaan, Sistem informasi perpustakaan, Yii Framework, Katalogisasi.

Full Text:

PDF

References


TRAMPIL. 2013. TRAMPIL. Retrieved from TRAMPIL: www.trampil.org.

Pendit, P. L. 2008. Perpustakaan Digital Dari A sampai Z. Jakarta: CITA KARYAKARSA MANDIRI. Retrieved October 29, 2013.

Manning, C. D., Raghavan, P., & Schutze, H. 2009. An Introduction to Information Retrieval. Cambridge: Cambridge University Press. Retrieved fromhttp://nlp.stanford.edu/IR-book/pdf/irbookonlinereading.pdf.

Romney, M. B., & Steinbart, P. J. 2012. Accounting Information System. England: Pearson.

Kendall, E.Kenneth .2010. SYSTEMS ANALYSIS & DESIGN METHODS. New York: Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :