PEMBUATAN WEBSITE PERSIAPAN DAN EVALUASI UJIAN AKHIR NASIONAL SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Biondy Alfian(1*), Liliana -(2), Indro Setiawan(3),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(3) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Ujian Akhir Nasional atau yang juga dikenal sebagai Ujian Nasional, adalah salah satu syarat penentu kelulusan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia. Dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional tersebut, siswa-siswi biasanya mengikuti tryout dan latihan yang diberikan baik oleh pihak sekolah maupun pihak luar, seperti bimbingan belajar. Mahalnya biaya bimbingan belajar menjadi salah satu faktor yang membuat siswa-siswi enggan mengikuti bimbingan kursus. Selain itu, ketiadaan indikator serta evaluasi historis hasil latihan dan tryout juga menjadi salah satu kekurangan dari pengadaan persiapan Ujian Nasional.

Pada jurnal ini, penulis memaparkan pembuatan sebuah situs yang dapat membantu siswa-siswi SMA dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Nasional. Siswa-siswi nantinya dapat menggunakan situs ini untuk berlatih mengerjakan soal, melakukan simulasi Ujian Nasional lewat fitur tryout, dan melakukan evaluasi diri terhadap hasil latihan serta tryout yang telah dilakukan.

Pengujian pada sistem ini menunjukkan bahwa sistem dapat membantu pengguna dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Nasional. Selain itu pengguna juga dapat melakukan evaluasi mandiri terhadap latihan yang telah dilakukan.


Keywords


Pemgrograman situs, PHP, MySQL, Web, Ujian Nasional

Full Text:

PDF

References


Robbins, J. N. (2012). Learning Web Design: A Beginner’s Guide to HTML, CSS, JavaScript, and Web Graphics. (Ed. Ke-4). Canada: Littlechair, Inc.

Supriyanto, A. (2007). Web dengan HTML&XML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Grannel, C. (2007). The Essential Gudie to CSS and HTML Web Design. United States of America: Apress.

Darie, C. & Balanescu, E. (2008). Begining PHP and MYSQL. United States of America: Apress.

Beynon-Davies, P. (2004). Database Systems. United States of America: Palgrave Macmillan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :