Analisis Pengambilan Keputusan antara Penerapan Buyback Contract dan Revenue-Sharing Contract pada Peritel Pakaian

Hananiel Vincent Susanto(1*), I Nyoman Sutapa(2),


(1) Universitas Kristen petra
(2) Jurusan Teknik Industri Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai keputusan terbaik yang dapat dilakukan oleh seorang suplier yang memproduksi pakaian dengan peritelnya dalam memilih antara kontrak buyback dan revenue-sharing. Suplier memasok pakaian kepada peritel secara make to order. Kedua belah pihak diasumsikan mengetahui harga jual pihak lainnya, dan setelah 4 bulan peritel ingin segera menjual seluruh barangnya yang belum terjual agar peritel dapat lebih dinamis dalam mengikuti tren pakaian di masyarakat. Tujuan penelitian adalah mencari keputusan terbaik antara penerapan kontrak buyback dan revenue-sharing yang akan diterapkan menggunakan teori yang dikembangkan oleh Zhang. Pemilihan antara kedua kontrak tersebut dilakukan dengan membandingkan nilai cycle service level dari sebuah produk yang akan dibuat kontraknya dengan nilai critical ratio threshold dari pihak suplier. Suplier akan cenderung memilih kontrak buyback ketika cycle service level lebih kecil daripada critical ratio threshold, dan akan cenderung memilih kontrak revenue-sharing dalam kondisi sebaliknya. Keputusan yang diambil juga berhubungan dengan penentuan harga pembelian kembali oleh suplier atau fraksi pendapatan yang dibagi peritel kepada suplier. Hasil simulasi penerapan kontrak buyback menunjukkan bahwa suplier dan peritel dapat meningkatkan ekspektasi keuntungannya hingga 7,24% dan 8,13%. Hasil simulasi penerapan kontrak revenue-sharing menunjukkan bahwa suplier dan peritel dapat meningkatkan ekspektasi keuntungannya masing-masing hingga 8,22% dan 4,08%.

Keywords


kontrak buyback; kontrak revenue-sharing; loss aversion; critical ratio threshold; metode biseksi

Full Text:

PDF

References


Yuliawati, E., and Theresia, A. (2016). Peningkatan Kinerja Industri Kecil dan Menengah melalui Kontrak Supply Chain. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama.

Nurwidiana. (2012). Penerapan Revenue Sharing Contract pada Klaster Industri. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung.

Chopra, S., and Meindl, P. (2006). Supply Chain Management: Strategy, Planning, and Operation 3rd Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Ali, M. (2011). Modul Kuliah Manajemen Industri “Desain Produk dan Proses Industri”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zhang. (2013). Buyback versus Revenue Sharing Contracts: The Supplier’s Perspective. Minnesota: University of Minnesota.

Gachter et al. (2007). Indiviual-Level Loss Aversion in Riskless and Risky Choice. Working Paper. CeDex Discussion Paper 2007: The University of Nottingham.

Ali, J. (2017). An Application of Numerical Approximation Methods upon Digital Images. Baghdad: American Journal of Signal Processing 2017.

Kim et al. (2017). An Improved Hybrid Algorithm to Bisection Method and Newton Raphson Method. Korea: Incheon Academy of Science and Arts.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.