Griya Lansia di Batu

Madeline Sondag Sondag

Abstract


Griya Lansia di Batu merupakan sebuah sarana hunian yang menyediakan berbagai kegiatan dan pelayanan bagi lansia yang ingin menikmati kenyamanan hidup dengan aktif dan mandiri dengan fasilitas-fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan lansia.
Perancangan Griya Lansia dilatarbelakangi oleh banyaknya lansia yang tidak terawat dengan baik karena perkembangan zaman modern yang membuat masayarakat menjadi lebih individual. Panti jompo belum menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk menitipkan orang tuanya karena kondisi panti jompo di Indonesia masih banyak yang belum layak huni.
Tujuan utama dari perancangan Griya Lansia di Batu adalah menarik minat lansia untuk bergabung dalam panti jompo tanpa adanya paksaan. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, digunakan pendekatan perilaku sehingga perilaku mewadahi kebutuhan lansia dalam desain bangunan. Pada Griya Lansia di Batu, lansia dapat bebas beraktivitas dan bersantai di area kebun, hobby, dan taman sambil menikmati keindahan pegunungan kota Batu. Fasad, karakter ruang, dan tatanan ruang didesain dengan memberikan suatu identitas untuk mewadahi aktivitas lansia yang memiliki penurunan kondisi psikologi, sosial maupun fisik.Griya Lansia dirancang dengan memasukkan keindahan alam pegunungan kota Batu ke dalam desain.


Keywords


Lansia, Batu, Hunian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks oleh :